Pasien Covid-19 di Jatim Overload Kapasitas

Jakarta,gpriority- Jumlah pasien di Rumah Sakit Rujukan di Jawa Timur mulai mengalami overload kapasitas sehingga membutuhkan bed tambahan.

“Jumlah pasien positif Covid-19 di Jawa timur per hari Minggu kemarin telah bertambah 77 orang sehingga menjadi 1.114 pasien. Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan atau PDP menjadi 3.319 dan orang dalam pengawasan atau ODP menjadi 19.910 orang,”ucap Ketua Tim Rumpun Kuratif Satgas Covid-19, Joni Wahyuhadi seperti dikutip Sonora pada Senin (4/5)

Meningkatnya pasien positif Covid-19 untuk PDP dan ODP di Jawa Timur ini mengharuskan pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyiapkan rumah sakit darurat Covid-19. Sementara itu pihak Pemprov Jatim telah mengajukan pendirian rumah sakit darurat ke pusat dan telah mendapat persetujuan dari menteri kesehatan untuk menggunakan Gedung Puslitbang Humaniora sebagai rumah sakit darurat.

Joni Wahyuhadi menyampaikan saat ini pihaknya telah melakukan mapping dan identifikasi kondisi  dan lokasi gedung yang berada di Jalan Indrapura, Surabaya, termasuk melakukan pembenahan serta pemasangan air conditioner dan penambahan sistem drainase agar bisa segera digunakan pada 2 hingga 3 hari kedepan.

Rumah Sakit Darurat Puslitbang Humaniora ini, memiliki kapasitas 100 hingga 200 bed atau tempat tidur yang bisa digunakan untuk ruang isolasi ringan sampai sedang. Gedung Puslitbang Humaniora ini terbilang sangat besar sehingga jika dikembangkan terus akan bisa menampung hingga 500 bed atau tempat tidur terlebih dengan adanya tren penambahan okname pasien Covid-19 yang bertambah banyak.

Terkait berapa pasien yang meninggal dan sembuh, Joni mengatakan hingga Minggu ( 3/5) 177 orang yang sembuh serta 117 orang yang meninggal dunia. (Hs)

Related posts