Paskibraka Upacara HUT RI ke-76 di Penajam Paser Utara Hanya 3 Orang


Pandemi Covid-19 yang tak memungkinkan adanya kerumunan saat HUT RI ke-76, membuat beberapa wilayah mengurangi pasukan pengibar benderanya.

Salah satunya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang menyiapkan paskibaraka untuk upacara HUT RI hanya tiga orang saja.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Sodikin mengatakan keputusan tersebut berdasarkan hasil dari evaluasi pelaksanaan upacara.

“Kondisi pandemi saat ini, petugas pengibar bendera hanya tiga orang. Pemerintah kabupaten mengurangi jumlah pasukan pengibar bendera, mengingat masih mewabahnya Covid19-19 ” katanya, Rabu (11/08/2021).

Ia mengatakan formasi paskibraka tahun 2021 hanya 3 orang dan 2 cadangan. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan paskibraka tahun sebelumnya sebanyak 17 orang, terdiri dari kelompok delapan dan pasukan 14 orang.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tetap melaksanakan upacara peringatan HUT ke-76 RI, yang rencananya akan digelar di halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara pada Selasa (17/08/2021).

“Hasil rapat sepakat upacara bendera tetap dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi Covid-19 sesuai instruksi pemerintah pusat,” ujar Sodikin.

Untuk tamu undangan dan peserta yang hadir, Sodikin menuturkan akan sangat dibatasi agar tidak terjadi kerumunan. Yaitu jumlah tamu undangan hanya 40 orang, dan peserta upacara 40 orang.

Pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. (dwi.foto.dok.Istimewa)

Related posts