Pemkab Sumenep Hadirkan Kawasan Agropolitan

Untuk meningkatkan hasil pertanian, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur berencana membangun kawasan agropolitan di Desa Mandala, Kecamatan Rubaru.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan wilayah tersebut dipilih karena kecamatan Rubaru merupakan sentra tanaman holtikultura. Sehingga dengan adanya kawasan agropolitan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan kawasan agropolitan ini di Desa Mandala Kecamatan Rubaru salah satu tujuannya dalam rangka peningkatan perekonomian perdesaan dengan meningkatkan hasil pertanian,” kata Bupati saat mengunjungi kawasan agropolitan, Senin (23/08/2021).

Kawasan agropolitan seluas 10 hektar tersebut akan mengembangkan hasil pertanian dari hulu ke hilir seperti bawang merah, cabe dan pisang

Bupati juga mendorong para petani untuk tidak hanya menghasilkan produk primer (barang mentah) saja, tetapi menghasilkan bahan olahan lain, sehingga mempunyai nilai tambah.

Maka dari itu, pemerimtah daerah akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mendukung kegiatannya. Seperti Dinas Pertanian terkait dengan pembinaan dan pembangunan kawasan produksi.

Dinas PU Bina Marga dan PU Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk pembangunan sarana fisik seperti pembangunan sarana jalan dan pengairannya.

“Saya minta tekad dan komitmen OPD terkait untuk bersinergi mewujudkan agropolitan, karena pengembangan agropolitan adalah kegiatan terpadu dalam rangka mendukung menyukseskannya,” tutupnya. (Dwi.foto.dok.Diskominfo Sumenep)

Related posts