Pemkab Tangerang Fokus Pada Pembangunan Ekonomi dan SDM


Akibat Pandemi Covid-19, Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Tangerang menjadi semakin menurun. Dua permasalahan itulah yang menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tangerang Tahun 2021, yang digelar di Hotel JHL Solitaire Gading Serpong. Selasa (23/03).

Dalam sambutannya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, mengungkapkan, akibat Covid-19, jumlah SDM berkualitas di Kabupaten Tangerang mengalami penurunan. Hal yang sama juga terjadi pada ekonomi kerakyatan. Berbekal alasan itulah SDM dan ekonomi menjadi perhatian utama dalam acuan RKPD 2022.

“Sebetulnya saran dan kritik telah kami tampung di tingkat kecamatan, dan itu akan kita olah dan jadikan masukan-masukan dan penentuan-penentuan yang akan kami lakukan, dalam program prioritas utama di RKPD 2020,” lanjutnya.

Diakhir sambutan, Zaki mengatakan,” Mudah-mudahan hasil Musrenbang RKPD Tahun 2022 Kabupaten Tangerang ini dapat terukur dan aplikatif, sehingga pertumbuhan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat di Tahun 2022 dengan gaya pola hidup yang baik.” 

Senada dengan Zaki, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, Taufik Emil menjelaskan, untuk Musrembang tingkat kecamatan yang berlangsung Selasa (24/3/2021), ada dua poin penting yang dibahas. Pertama peningkatan sumber daya manusia, kemudian ekonomi kerakyatan. 

” Untuk peningkatan SDM di tahun 2022, Kita fokus membangun infrastuktur ruang kelas baru, dengan ada adanya vaksinasi maka tahun depan harus sudah siap, “Kata Taufik.

Mengenai ekonomi kerakyatan, Pemkab Tangerang akan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM secara intensif, pemberian modal, pinjaman tanpa bunga termasuk subsidi bunga dan pemasaran.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang  Kholid Ismail dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, selain SDM dan ekonomi kerakyatan, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan yakni pokok pikiran DPRD. Karena mampu mengarahkan pembangunan agar sesuai dengan visi.“Pokok pikiran DPRD merupakan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. Besar harapan kami pokok pikiran ini dapat ditindaklanjuti,” tutup Kholid. (Hs.foto.diskominfo Kabupaten Tangerang)

Related posts