Vaksinasi Covid-19 pada Anak, Kemenkes: Tunggu Rekomendasi WHO,ITAGI dan IDAI

Jakarta,Gpriority-Setelah lansia dan penyintas Covid-19 diperbolehkan vaksinasi, kini timbul pertanyaan di masyarakat apakah anak-anak juga akan divaksinasi mengingat mereka juga membutuhkan imunitas untuk mencegah Covid-19 masuk ke dalam tubuh mereka.

Menanggapi pertanyaan ini, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya masih menunggu rekomendasi dari sejumlah lembaga terkait untuk pemberian vaksin Covid-19 pada kelompok usia anak di Indonesia.

“Kita tunggu dulu rekomendasi, baik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI),” jelas Siti Nadia dikutip dari Antara, Kamis (25/3/2021).

Ketua Umum IDAI Aman Bhakti Pulungan dikutip dari Antara, Kamis (25/3/2021) mengatakan, sampai saat ini IDAI belum bisa memutuskan apakah bisa merekomendasikan atau tidak.

“Kalau dari IDAI tentu sangat mengharap sekali. Dan jika ditanya apakah aman? Sangat besar kemungkinan itu aman, tapi kan data-datanya belum ada baik dari BPOM maupun WHO. Kalau nanti ada untuk anak pasti IDAI-lah yang pertama mengeluarkan pernyataan,” jelasnya.

Direktur Medis Sinovac Biotech Gang Zeng dikutip dari reuters (25/3/2021) mengatakan,dari 550 subjek anak usia 3 hingga 10 tahun yang divaksin Sinovac tidak ada anak-anak yang mengalami demam tinggi. Justru setelah diteliti daya tahan tubuh mereka menjadi meningkat,sehingga Sinovac baik pula untuk anak.(Hs)

Related posts