Pemprov Jambi Salurkan Bantuan Produksi Kacang Tanah 100 Ha di Bungo

Dalam rangka pemulihan ekonomi, Pemerintah Provinsi Jambi berikan bantuan sarana produksi kacang tanah di lahan 100 Ha kepada para petani di Kabupaten Bungo.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jambi, Al Haris dengan rincian benih kacang tanah Rp. 357.036.000, herbisida sebesar Rp. 19.792.200, insektisida sebesar Rp. 53.550.000, pupuk NPK sebesar Rp. 55.000.000.

Sebelumnya, Gubernur bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Bungo telah menanam kedelai di dusun Lubuk Tenam Kelurahan Manggis Kecamatan bathin III, dan Panen Cabai di dusun muko-muko bathin VII, Kamis (26/08/2021).

“kita sudah menanam kedelai, dimana ini juga termasuk ke program Presiden RI Bapak Jokowi dalam rangka penguatan pertanian yang bernama Pajale (Padi, Jagung, Kedele).” katanya.

Gubernur mengatakan kedelai hari ini masih impor karena kebutuhannya masih tinggi untuk dijadikan bahan obat-obatan, jamu dan susu.

“Saya harap lahan tidur yang masih banyak ini, bisa di manfaatkan menjadi lahan produktif untuk pertanian,” tuturnya.

Al Haris juga meminta kepada petani cabe untuk bisa menambah lahan baru dalam menanam cabe, pasalnya kebutuhan cabe, yang merupakan kebutuhan pokok dalam rumah tangga sering langka sehingga membuat harga turun naik di pasaran. 

Dengan membuka lahan baru, Gubernur berharap minimal bisa memenuhi kebutuhan cabe daerah, dan meningkatkan perekonomian petani daerah.

“Tinggal bagaimana kebijakan daerah dalam menjaga harga cabe tetap stabil di pasaran,” tutupnya. (Dwi.foto.dok.Diskominfo Jambi)

Related posts