Pendidikan Pilot Seaplane Pertama di Asia Tenggara Ada di Banyuwangi

Seiring dengan dibukanya program baru di Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi.

Program pendidikan untuk pilot handal penerbangan seaplane atau pesawat yang bisa mendarat di air, bakal dijalankan di Banyuwangi tahun 2022.

Hal tersebut seiring dengan dibukanya program baru Seaplane Ampibhian Operation dan Pelantikan Perwira Transportasi di Hanggar Alpha Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, Senin (18/10/21).

Plt Kepala BPSDM Kementrian Perhubungan, Antoni Arif Priadi mengatakan Seaplane Ampibhian Cesna 172 SP Operation sukses digelar. Ini menjadi langkah baru bagi Indonesia menjadi pencetak pilot seaplane satu-satunya di Asia Tenggara.

“Malaysia salah satunya yang sudah antre untuk mencetak pilot seaplane,” ujarnya.

Sebelum diresmikan, seaplane milik API Banyuwangi melakukan take off dan landing di Teluk Pangpang yang didasari dari Operating Certification (OC)-91 dalam Seaplane Amphibian Operation milik API Banyuwangi.

“API Pangpang merupakan water aerodrome yang nantinya digunakan sebagai operasional kegiatan pelatihan Seaplane di API Banyuwangi dan akan menjadi role model water aerodrome di masa depan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut baik program tersebut. Selain memperkuat posisi Banyuwangi sebagai pusat pendidikan penerbang, ini juga akan mendorong tumbuhnya pariwisata minat khusus tidak hanya di Banyuwangi tapi juga berbagai belahan negeri.

“Ini bisa memudahkan jangkauan, konektivitas bagi wisatawan di Indonesia yang merupakan wilayah kepulauan,” ujarnya. (Dw.foto.dok.Humas Banyuwangi)

Related posts