Penghargaan Dari KLHK untuk 7 Daerah Bank Sampah

Sampah merupakan masalah utama bangsa Indonesia. Untuk itulah harus segera diatasi salah satunya dengan pembuatan Bank Sampah.

Hal inilah yang disampaikan Menteri KLHK Siti Nurbaya pada saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah ke-6 beberapa waktu yang lalu.

“Untuk mewujudkan terealisasinya Bank Sampah, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, seluruh kabupaten/kota didorong untuk melaksanakan pengelolaan sampah. Terdapat paradigma baru yang diperkenalkan disana yaitu dengan 2 pendekatan, yakni: pengurangan dan penanganan sampah. Paradigma yang dibangun tidak lagi kumpul-angkut-buang tetapi pengurangan melalui 3R, reduce, re-use dan recycle,” jelas Siti Nurbaya.

Setelah Undang-Undang dikeluarkan, Kementerian LHK mencatat bahwa jumlah bank sampah hingga tahun 2021 ini sebanyak 11.556 unit yang tersebar di 363 kab/kota di seluruh Indonesia. Dengan jumlah nasabah sebanyak 419.204 orang, omset bulanan kurang lebih Rp.2,8 milyar (data per Juli 2021), serta mampu melakukan pengurangan sampah sebanyak 2,7 juta ton.

Keberhasilan yang dilakukan oleh bank sampah inilah yang membuat KLHK memberikan penghargaan kepada 7 bank sampah terbaik di seluruh Indonesia. Berikut daftar selengkapnya

1. Bank Sampah Benteng Kreasi, Sentul Bogor.
2.Bank Sampah Satu Hati, Jakarta Barat.
3. Bank Sampah SicanangKota Medan.
4.Bintang Sejahtera Kabupaten Lombok
5. Bank Sampah Bersinar Kabupaten Bandung
6.Bank Sampah Sorong Raya, Kota Sorong
7. Bank Sampah Gemes Sekardadu Kabupaten Gresik.

” Dengan diberikannya penghargaan kepada bank sampah di Indonesia, saya berharap akan timbul bank sampah-bank sampah baru sehingga sampah di Indonesia semakin berkurang,” tutup Siti Nurbaya.(Hs.Foto.dok.KLHK)

Related posts