Percepat Transformasi Ekonomi Digital Nasional, Kominfo Luncurkan Program Pelatihan UMKM Digital


Jakarta,Gpriority-  Untuk memperkuat dan memberdayakan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di tanah air melalui pemanfaatan akses internet secara produktif guna percepatan transformasi ekonomi digital nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin (5/10/2020) di ruang Anakupa Gedung Kominfo meluncurkan program Pelatihan UMKM Digital BAKTI.

“Program Pelatihan UMKM Digital BAKTI merupakan program pendampingan bagi UMKM untuk melakukan on-boarding, khususnya yang berada di luar Pulau Jawa, terutama di wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) dan Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Adapun tujuan pelatihan ini untuk memperluas akses pemberdayaan secara adil dan merata, khususnya dalam penguatan perekonomian digital,” jelas Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam sambutannya.

Johnny G.Plate dalam sambutannya juga mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bersinergi demi terselenggaranya program ini. “ Perluasan dan pendalaman Program Pelatihan UMKM Digital merupakan wujud dari komitmen pemerintah untuk memajukan, memperkuat, serta memberdayakan UMKM di tanah air,” jelasnya.

Menurut Johnny, salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kementerian Kominfo adalah memastikan terselenggaranya pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo bersama operator seluler menargetkan pembangunan infrastruktur internet 4G di 12.548 desa/kelurahan yang selama ini belum terjangkau hingga akhir tahun 2022.

“Di saat bersamaan, kita juga menargetkan peluncuran Satelit Multifungsi SATRIA-1 yang mampu menyediakan akses internet cepat di 150.000 titik layanan publik pada tahun 2023 nanti. Di masa pandemi inipun BLU BAKTI Kominfo telah menghadirkan 7.634 akses internet gratis di berbagai pelosok negeri. Seluruh agenda kebijakan ini tentu selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan transformasi digital nasional,” tutupnya.(Hs.Foto.dok.Kominfo)

Related posts