Peringatan Waisak di Maha Vihara Duta Maitreya Batam

Tak seperti biasanya, peringatan Hari Raya Waisak 2565 BE di Maha Vihara Duta Maitreya Batam kali ini berlangsung dengan sederhana. Tampak beberapa umat sedang melakukan ibadah sembahyang. Ibadah sembahyang Waisak memang dibagi menjadi tiga sesi, yakni pukul 06.00-07.00 WIB, pukul 12.00-12.30 WIB, dan pukul 18.00-19.00 WIB.

Seperti diketahui, tahun ini Hari Raya Waisak jatuh pada Rabu, (26/05/2021). Ada beberapa acara yang dilakukan di Vihara yang diklaim sebagai Vihara terbesar se-Asia Tenggara ini. Seperti persembahan buah (Sienkung), sembahyang, menyanyikan lagu suci, membacakan Paritta, dan berdoa (Khosou).

Selain itu, ada juga proses memandikan Buddha rupang. Air yang digunakan untuk memandikan dibagikan kepada para umat dan dibawa pulang. Dipercaya dapat memberikan kesehatan bagi tubuh.

Yuan, salah satu umat yang sembahyang di Maha Vihara Duta Maitreya mengatakan biasanya ada pertunjukkan menyanyi, menari, dan drama mengenai kelahiran Buddha. “Karena pandemi Covid-19, pertunjukan ditiadakan. Bazar makanan pun tidak ada, untuk menghindari orang-orang berkerumun,” ujarnya.

Meski diperingati secara sederhana, peringatan Hari Raya Waisak 2565 BE di Maha Vihara Duta Maitreya berlangsung dengan khidmat dan tetap mentaati protokol kesehatan. (VIA)

Related posts