Pertama Dalam Sejarah, Bupati Aceh Tamiang Lantik Pejabat di Lapangan Terbuka

Aceh Tamiang, Gpriority – Bupati Aceh Tamiang, Aceh, Mursil melantik Asra, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten tersebut, pada Senin, (17/5/2021) pagi. Asra resmi menjabat sekretaris daerah setempat menggantikan pejabat sebelumnya, Basyiruddin yang telah memasuki masa pensiun.

Namun, ada yang tidak biasa pada pelantikan tersebut, proses pelantikan berlangsung di lapangan upacara belakang kantor Bupati Aceh Tamiang. Dan momen seperti ini baru kali pertama terjadi sejak 18 tahun Kabupaten Aceh Tamiang berdiri, Bupati melantik pejabat di lapangan terbuka.

Usai prosesi pengukuhan, dalam sambutannya, Mursil mengatakan, pengambilan sumpah dan pelantikan Asra selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang menggantikan Basyaruddin dilakukan sesuai dengan Keputusan Gubernur Aceh Nomor PEG. 821.22/059/2021 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang.

Mursil mengaku, Sekretaris Daerah yang dilantik hari ini telah melalui uji potensi dan kompetensi yang seleksinya telah dibuka beberapa waktu yang lalu oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP).

Menurutnya, seleksi dilakukan guna melihat kemampuan, kapasitas berfikir, motivasi kerja dan inisiatif para peserta dalam menduduki jabatan tersebut serta memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebab, Mursil menilai, jabatan Sekretaris Daerah sesungguhnya memiliki peran yang sangat vital dan penting, karena Sekretaris Daerah berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan perangkat daerah, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya di daerah.

Untuk itu, kata Mursil, dengan tugas, fungsi dan tanggungjawab yang demikian besar, maka Sekretaris Daerah sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi Pemerintahan Daerah.

“Karena perlu diketahui bahwa, sesungguhnya citra Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang akan sangat ditentukan oleh Sekretaris Daerah dalam melaksanakan tugasnya,” kata Mursil, Senin, (17/5/2021).

Oleh karenanya, Mursil, berharap kepada Asra, selaku pejabat Sekda yang baru agar dapat melaksanakan tugas secara maksimal dan bersungguh-sungguh dalam memberikan kontribusi yang besar untuk mendinamisasikan organisasi Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Harapannya, ke depan roda Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang nantinya dapat menjadi semakin baik, dan lebih terpacu dalam mengejar ketertinggalannya dibawah Sekretaris Daerah Asra,” katanya.

Lebih jauh, Mursil juga meminta kepada Asra, dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai Sekertaris Daerah nantinya agar dapat memperhatikan beberapa hal, seperti meningkatkan kedisiplinan dan kinerja ASN daerah tersebut. Serta terus melakukan upaya dalam pembenahan dan menyeimbangkan antara peningkatan kesejahteraan dengan penjatuhan hukuman disiplin (reward and punishment).

Selain itu, dapat mengembangkan sistem penyusunan anggaran berbasis kinerja dengan menggunakan pola bottom up dan memberi ruang kepada Perangkat Daerah untuk menyampaikan argumentasi atas semua usulan program secara komprehensif.

“Selanjutnya, Sekretaris Daerah juga harus membangun hubungan kerja yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan dan kebijakan, khususnya segenap unsur Forkopimda dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dalam menuju visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2017-2022,” ujarnya.(Zul)

Related posts