Pertama di Kalsel, RSUD Ulin Laksanakan Operasi Bedah Jantung Terbuka

RSUD Ulin Banjarmasin kini menghadirkan layanan operasi bedah jantung terbuka yang juga menjadi pertama di Kabupaten Kalimantan Selatan.

Operasi tersebut dilaksanakan perdana pada Kamis (23/12/21), yang disaksikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor. Pada tahap awal operasional pelayanan operasi tersebut terdapat dua pasien yang akan menjalani operasi pada Kamis dan Jum’at.

Bupati Sahbirin mengatakan pelaksanaan operasi jantung terbuka ini adalah salah satu langkah awal dalam mewujudkan pelayanan jantung terpadu di Banjarmasin.

“Rumah sakit ini adalah harapan kita, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke luar kota atau ke luar negeri untuk berobat jantung,” katanya.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenkes RI serta Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita atas kesempatan yang telah diberikan.

“Terima kasih kepada Kemenkes RI dan tentunya RSJPD Harapan Kita, atas kesempatan dan telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaga, sehingga akhirnya tercapai harapan RSUD Ulin untuk mencapai pelayanan jantung terpadu, ” ucapnya.

Bupati menyampaikan bahwa penyakit jantung masih menjadi ancaman dunia dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia.

Berdasarkan riset kesehatan daerah (riskesdas) 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya 15 dari 1000 penduduk atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung, ujarnya.

Maka dar itu Pemprov Kalsel terus melakukan upaya tindakan preventif, promotif, kuratif maupun rehabilitatif agar jumlah penduduk Kalsel yang menderita penyakit jantung tidak bertambah. Karena itu, layanan terpadu jantung ini menurut Bupati sangat ditunggu-tunggu masyarakat Kalsel. (Dw.foto.dok.Humas Kalsel)

Related posts