Pilkades 2021, Pemkab OKU Selatan Berlakukan Prokes Ketat

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melakukan persiapan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 pada Oktober mendatang.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten OKU Selatan, Pemkab melakukan rapat koordinasi jelang penyelenggaraan Pilkades Serentak 2021 di ruang rapat Dinas PMPD, Selasa (10/08/2021).

Kepala Dinas PMPD Kabupaten OKU Selatan, Juproni, S,Pd.I., M.Si., mengatakan rakor ini dilakukan untuk menyamakan persepsi dan melihat sejauh mana persiapan jelang Pilkades. Salah satu yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Pilkades ini adalah penerapan protokol kesehatan.

Juproni menegaskan pencegahan penularan virus Covid saat Pilkades agar tidak melahirkan klaster barus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu Ia mengatakan jumlah pemilih di dalam TPS harus dibatasi.
“Kita harus betul-betul mencegah jangan sampai terjadinya kerumunan. Kedua sisi harus jalan tanpa meninggalkan risiko yang menimbulkan penyebaran atau penularan Covid-19,” tegasnya.

Berdasarkan instruksi dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), salah satu pointnya yaitu jumlah pemilih setiap tempat pemungutan suara (TPS) maksimal 500 orang.

Dia juga berpesan agar para Camat untuk mensosialisasikan kepada calon kades untuk tenang dan jangan membuat hal-hal yang tidak diinginkan untuk pemilihan Pilkades nantinya. (dwi, foto: humaskab OKUS)

Related posts