Presiden Jokowi Bakal Resmikan 9 Proyek Baru Di IKN, Totalnya Mencapai Rp1,7 Triliun!

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi), dikabarkan bakal meresmikan 9 proyek baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan total Rp1,7 triliun. Kabar ini dilaporkan pada Selasa (4/6/2024) kemarin, setelah Presiden Jokowi meresmikan 3 proyek baru di IKN.

Selanjutnya, pada hari ini, Rabu (5/6/2024), Presiden Jokowi juga akan melakukan peletakan batu pertama pada enam proyek.

“Salah satu yang berpotensi melakukan riset adalah Universitas Stanford Amerika yang tahun lalu Presiden berkunjung ke sana,” ucap Agung.

Di hari ini juga, Presiden Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama pusat riset standar internasional yaitu Nusantara Sustainable Hub yang dibangun oleh Pertamina dan Bakrie.

“IKN adalah transformasi ke masa depan yang berkaitan dengan sumber daya manusia dimana lima peletakan batu pertama ini adalah untuk pendidikan dan riset. Sedangkan empat sisanya adalah sektor pendukung,” ucap Agung Wicaksana, Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, dilansir dari laman RRI.

Selain itu, terdapat dua sekolah yang akan mulai dibangun, yaitu Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara dan Bina Bangsa School & Sport Center. Al Azhar Summarecon Nusantara dilaporkan memiliki lahan 2,9 hektar dengan nilai investasi 150 miliar rupiah.

Sementara itu Bina Bangsa School & Sport Center IKN memiliki lahan 1,9 hektar. Nilai investasi pembangunannya juga bernilai 150 miliar rupiah.

Disamping itu, untuk universitas akan dimulai pembangunan Universitas Gunadarma Program Doktor di kawasan IKN. Sebelumnya Universitas Gunadarma telah membangun untuk Program Sarjana (S1) di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Foto : Setkab RI