Presiden Jokowi: Perguruan Tinggi Indonesia Harus Cetak SDM Kuat Fisik, Mental, dan Moral

Jakarta, GPriority.co.id – Dalam upaya mencetak SDM Indonesia yang berkualitas, Presiden Jokowi menyampaikan pesan untuk semua perguruan tinggi di Indonesia, agar dapat membentuk SDM yang bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan semata.

“SDM bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan, tapi juga ma uterus belajar, yang kuat fisik, mental, dan moralnya. Serta SDM yang inovatif dalam menghasilkan karya-karya yang berkualitas,” ujar Jokowi dalam pembukaan Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya, Senin (15/1) kemarin.

Presiden Jokowi juga berharap, dengan banyaknya jumlah dosen dan tenaga peneliti, perguruan tinggi juga dapat berperan menjadi lembaga riset, dengan tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain menyampaiankan pesan kepada perguruan tinggi di Indonesia, Jokowi juga menyampaikan instruksinya kepada Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengoptimalkan pembiayaan pendidikan dan riset.

Untuk meningkatkan rasio penduduk Indonesia dengan pendidikan magister (S2) dan doktoral (S3), Presiden Jokowi juga mengeluarkan anggaran dari APBN, APBD, serta dana pribadi yang dimiliki.

Nantinya, Presiden berharap rasio penduduk Indonesia dengan pendidikan magister dan doktoral dapat meningkat jumlah yang rendah, di angka 0,45 persen.

Jokowi percaya, kualitas sumber daya manusia menjadi aspek yang sangat penting dalam 5 sampai 10 tahun kedepan. Bahkan turut andil untuk perubahan dalam negeri.

“Saya mengajak seluruh perguruan tinggi untuk menguatkan kolaborasi dan sinergi serta melahirkan lebih banyak solusi-solusi untuk mewujudkan kemajuan negara kita, Indonesia,” tuturnya.

Foto : Sekretariat Kabinet RI