Program #NgeShortBareng Sukses Wadahi 300 UMKM

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Kemenparekraf

Jakarta, Gpriority.co.id— Dalam upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja, program #NgeShortsBareng sukses wadahi 300 UMKM, di mana setiap kota setdaknya ada 30 produk lokal yang dibantu oleh para konten kreator lewat YouTube Shorts untuk dipromosikan.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, program yang digelar sejak September 2022 ini bertujuan untuk membangun dan mengembangkan kreativitas para konten kreator di 11 kota di seluruh Indonesia dengan menggunakan YouTube Shorts.

“Dari 11 kota dengan lebih dari 4.000 kreator turut berpartisipasi. Program #NgeShortsBareng sejauh ni telah mengakselerasi, mempromosikan destinasi wisata Indonesia, dan mendorong pengembangan konten kreator,” ungkapnya dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno, Senin (31/7).
Lebih laanjut, berdasarkan data Impact Report tahun lalu, sebanyak 76 persen UMKM dengan channel YouTube setuju bahwa platform tersebut berperan dalam membantu mereka mengembaangkan basis pelanggan dengan menjangkau pemirsa baru.

“UMKM di Indonesia dapat membuat channel YouTube untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun brand awareness, sehingga membantu mereka meningkatkan pendapatan dan meraih kesuksesan, juga membantu mengurangi kesenjangan dengan membuka peluang bisnis,” lanjut Sandiaga Uno.

Dengan membuka peluang bisnis apapun, baik yang tinggal di kota metropolitan dan pedesaan, masyarakat dapat membuat channel tanpa biaya, dan membuka kesempatan menghasilkan pendapatan.
Di samping itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam mengatakan, ketika channel bertambah besar, ini dapat menambah jumlah kru yang dapat direkrut dalam produksi konten.

Tentunya, ekosistem kreatif di Indonesia pun akan menjadi kuat, dan berdampak positif serta terbukanya lapangan kerja.