Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut, Menlu: Dukung Peran aktif BPK di Dunia Internasional

Penulis: Dimas A. Putra | Editor: Lina F | Foto: Kemlu.go.id

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian Luar Negeri RI kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan tahun 2022.

Penghargaan tersebut di terima langsung oleh Menlu RI Retno Marsudi di Kantor Kemlu, Jakarta pada Kamis (3/8).

Dalam sambutannya, Retno menyampaikan apresiasi kepada seluruh satuan kerja Kemlu, baik di Pusat maupun Perwakilan, dan kepada BPK atas kerja sama dan saran yang diberikan kepada Kemlu untuk terus memperkuat good governance.

“Sudah menjadi komitmen Kemlu untuk terus mendukung peran aktif BPK di dunia internasional,” ucap Retno dalam keterangan resminya.

Retno menjelaskan, selain memperkuat good governance, Kemlu juga terus berupaya memaksimalkan kinerjanya.

Tahun lalu, dikatakan Retno Indonesia berhasil menuntaskan Presidensi G20 dengan baik. Sementara selama pandemi, diplomasi vaksin Indonesia bekerja maksimal untuk membawa Indonesia keluar dari pandemi.

Sementara tahun ini, Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi dunia yang belum sepenuhnya membaik. ASEAN juga menghadapi tantangan internal yakni situasi di Myanmar. Menlu sampaikan  dua hal yang ingin diperjuangkan Indonesia selama keketuaan.

Pertama, memastikan ASEAN terus menjadi lokomotif perdamaian dan stabilitas di kawasan (ASEAN matters). Kedua, menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi (epicentrum of growth).

“Semoga kita dapat menyelesaikan tugas sebagai Ketua ASEAN sebaik kita menyelesaikan tugas sebagai Presiden G20,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, dengan raihan ini, Kemlu telah memperoleh predikat WTP sebanyak tujuh kali secara berturut-turut sejak 2016.