Rapat Paripurna ke Tiga : Pengawasan Dibeberapa Sektor dari Dampak Covid-19


Jakarta,Gpriority-DPRI menggelar rapat paripurna masa persidangan ke tiga pada Senin (30/03/20). Pada rapat tersebut dihadiri oleh 45 anggota secara fisik dan 297 anggota secara virtual.

Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan bahwa pada masa sidang ke tiga ini DRR RI akan memfokuskan fungsi pengawasan dari dampak Covid-19 diberbagai bidang dan sektor, seperti dibidang kesehatan yang mana masih dibutuhkan adanya penguatan dalam pelayanan dan fasilitas keslehatan. Kemudian dibidang pelayanan publik, sektor ekonomi yang sangat terdampak dari adanya virus corona, kemudian pilhkada serentak 2020, dan kerjasama internasional.

Selain itu Puan juga mengatakan DPR RI siap mendukung langkah-langkah pemerintah pusat untuk meningkatkan ketahanan fiskal, APBN, ataupun APBN perubahan bila diperlukan perpu. Kemudian DPR RI juga mendukung adanya karantina wilayah dan isolasi untuk membendung penyebaran covid-19 sesuai ketentuan UU No.6 tahun 2018 tentang karantina.

Rapat paripurna tadi juga berlangsung cukup singkat, dan menginga himbauan pemerintah tentang physical distancing. Dalam rapat paripurna tadi juga tidak ada pengambilan keputusan, dan yang ada hanya masukan dari beberapa fraksi seperti Golkar, Nasdem, dan PKB mengenai pemotongan separuh gaji anggota DPR RI untuk penangan covid 19 di Indonesia. Puan maharani juga mengatakan kepada setiap anggota fraksi agar dapat mengajukan usulan tersebut kepada ketua fraksi masing-masing.

Related posts