Rempah dan Bunga Jadi Andalan Merawat Kulit Khas Bali

Jakarta, GPriority.co.id – Bali menjadi salah satu provinsi yang terkenal dengan produk lulur untuk kecantikan kulit. Namun terlepas dari produk-produk tersebut, terdapat ramuan tradisional dan alami yang dipercaya dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit wanita. Bahan dasarnya pun tidak sulit untuk didapat yaitu berasal dari rempah dan juga bunga.

Terdapat berbagai rumus ramuan lulur dan masker yang memiliki khasiat untuk kecantikan dari bahan-bahan tersebut. Berikut ulasan ramuan lulur dan masker untuk kecantikan kulit yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.Lulur Boreh
Lulur boreh merupakan ramuan khas Bali yang dipercaya dapat memberikan relaksasi dan meningkatkan kesehatan kulit tubuh secara menyeluruh. Bahan dasar lulur boreh berasal dari rempah-rempah seperti minyak kelapa, mineral lempung, kunyit, jahe, dan kumis kucing. Tiap bahan tersebut memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

*Minyak Kelapa: Mengandung vitamin E dan antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini pada kulit.
*Mineral Lempung: Bermanfaat untuk berbagai kotoran pada kulit yang sering terpapar polusi.
*Kunyit: Mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.
*Jahe: Jahe dapat melancarkan peredaran darah yang dapat membantu mengatasi selulit pada kulit. Selulit adalah keadaan kulit yang memiliki tekstur seperti lesung yang tampak bergumpal.
*Kumis Kucing: Kumis kucing dapat membuang racun dalam ginjal dan saluran kencing. Selain itu kumis kucing membantu mengatasi rematik dan pembengkakan.

2 Campuran Beras, Cendana, Bunga Kamboja, dan Kopi
Menurut salah satu masyarakat Bali tepatnya di Kota Singaraja Sang Ayu Made Diah Utami Putri mengatakan bahwa campuran beras, cendana, bunga kamboja, dan kopi biasa digunakan untuk perawatan kulit. Campuran ini dapat digunakan untuk lulur badan dan masker wajah.

“Kalo mau dipake di wajah pun itu ada tambahan kunyit sedikit, ada juga yang engga. Tapi kalo udah pake cendana ga usah pake kunyitnya gitu,” kata Ude saat diwawancarai secara online, Jumat, 1 Juli 2022.

Diketahui bahwa bahan-bahan tersebut memiliki khasiat tersendiri, diantaranya:
*Beras: Teksturnya dapat berfungsi sebagai scrab untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih halus. Selain itu juga beras dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

*Cendana: Cendana dapat mencegah pelebaran pori-pori pada kulit, mencegah penuaan, dan dapat melembutkan kulit. Selain itu cendana juga berfungsi untuk menyembuhkan jerawat beserta bekasnya. Wajah akan tampak lebih bersih bila menggunakan cendana dalam campuran masker.

*Bunga Kamboja: Bunga kamboja mengandung minyak esensial yang dapat menenangkan kulit. Selain itu, bunga kamboja juga dapat berfungsi sebagai pembersih pada kulit secara alami, membuat kulit lebih kenyal, dan menjadikan kulit tampak lebih awet muda.

*Kopi: Kopi dapat berfungsi untuk pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori, membantu menghilangkan selulit, meredakan peradangan kulit, mengatasi jerawat, dan mencegah penuaan dini.

Itulah ramuan untuk kesehatan dan kecantikan kulit berbahan dasar rempah dan bunga khas dari Bali. Manfaat yang diberikan tidak kalah dengan produk-produk kecantikan modern yang saat ini banyak beredar. (Gs.Foto.Istimewa)

Related posts