Resmi Digelar, Exhibition ARCH:ID 2022 Tampilkan Karya Kolaborasi

Jakarta,GPriority.co.id – Festival Arsitektur terbesar di Indonesia ARCH:ID telah resmi digelar pada hari Kamis, (14/7/2022) di ICE BSD City, Tangerang. Pameran tersebut dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

ARCH:ID merupakan annual event yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bersama dengan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition. Tahun ini, pameran ARCH:ID mengusung tema “Sebentang, Serentang, Segendang” yang memiliki arti sebagai refleksi dari keberagaman praktek dan produk arsitektur yang ada di Indonesia.

“Tema kali ini “Sebentang, Serentang, Segendang” untuk merayakan perbedaan dan keberagaman praktik arsitektur di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia memiliki potensi untuk ditampilkan. Untuk itu ARCH:ID kali ini menampilkan Paviliun Indonesia Barat (Medan) dan Timur (Makassar) agar acaranya tidak tersentral di Jakarta saja,” kata salah satu kurator ARCH:ID, Hermawan Dasmanto dalam keterangannya.

Festival arsitektur ini memiliki satu agenda utama yaitu pameran, salah satunya yaitu pameran booth. Kurator menjelaskan bahwa peserta nantinya akan berkolaborasi dengan arsitek dalam mendesain karyanya. Karya tersebut nanti ditampilkan dengan cara yang berbeda. Berikut pameran booth yang akan ditampilkan di Exhibition ARCH:ID 2022:

1. Gerbang ARCH:ID 2022 “Beriringan dalam Kebersamaan” : didesain oleh Imron Yusuf (IFD Architects)
2. IAI Awards & 4 Nations Book “Incubator” : didesain oleh Budi Pradono (Budi Pradono Architects)
3. IAWR (Indonesian Architecture Week) “Rio” : didesain oleh Dedi Wahyudi (LABO)
4. ARCH:ID Sustainable Construction Material Awards 2022 : didesain oleh Panitia Nasional IAI, Badan Media, Publikasi, dan Kemitraan
5. Student Best Final Project didesain oleh Tatyana Kusumo dan Trianzani Sulshi (Studio Aliri)
6. Health x Architecture : How Architecture Combats Disease didesain oleh YAHINTARA berkolaborasi dengan IAI
7. Sekala dan Niskala : didesain oleh IAI Bali
8. Transient Placemaker : didesain oleh I Ketut Dirgantara (DDAP Architect)

Selain pameran, ARCH:ID 2022 juga memiliki serangkaian acara lainnya seperti Talkshow dan demontrasi pengecatan oleh Propan Jaya, Obrolan Tuju-Tuju, BIM Masterclass, ARCH:ID Sustainable Construction Material Awards 2022 dan ARCH:ID Night. (Hn.Foto.dok.pribadi)

Related posts