Rio Waida dan Nurul Pembawa Bendera Merah Putih di Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020


Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka Jumat (23/7) malam. Atlet surfing Indonesia berdarah Jepang, Rio Waida menjadi pembawa bendera Indonesia pada opening ceremony yang diadakan di Stadion Nasional Jepang (New National Stadium), Tokyo.

Rio Waida tampil elegan dengan pakaian Payas Madya. Busana yang dikenakan Rio Waida tersebut berupa kemeja putih dan beskap hitam serta kain batik Bali gemerlap emas. Kostum Rio dipadukan dengan sandal Jepang, tatami dengan membawa bendera merah putih.

Defile kontingen Indonesia mendapat urutan ke-22 pada Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Rosan P Roeslani yang mengenakan pakaian tradisional Betawi bernuansa putih dengan sarung dan peci merah.

Rio Waida yang membawa bendera Merah Putih berada di barisan paling depan diikuti oleh lifter nasional, Nurul Akmal yang mengenakan kerudung hitam terlihat dibarisan kedua di belakang Rio Waida yang juga berperan sebagai pengibar bendera. Sebagai bagain dari protocol kesehatan seluruh anggota rombongan Indonesa mengenakan masker merah putih dalam defile tersebut

Pandemi Covid-19 yang masih melanda, pesta olahraga ini digelar tanpa penonton. Pembukaan hanya dihadiri sekitar 950 orang, termasuk pejabat dan wartawan, yang akan menyaksikan. Selain itu atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo ini ikut hadir.(Sof.Foto:Istimewa)

Related posts