RSUD Setjonegoro Wonosobo Raih Penghargaan Alkes Tanpa Merkuri

Wonosobo,Gpriority- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRT Setjonegoro Wonosobo, Jawa Tengah meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan, atas keberhasilannya menggunakan alat Kesehatan (Alkes) tanpa merkuri.

Direktur RSUD Setjonegoro, dr. R. Danang Sananto mengucapkan rasaya syukurnya atas torehan prestasi penghargaan prestisium yang dicapai RSUD.

“Ikut berperan dalam menjaga lingkungan melalui peralatan non merkuri, karena selama ini kita ketahui bersama, merkuri merupakan logam berat yang berbahaya dan beracun yang bisa merusak sistem saraf pusat,” katanya, Sabtu (13/11/2021)

Kerusakan yang disebabkan merkuri juga dapat menjalar ke organ lain seperti ginjal, paru-paru, bahkan kepada janin juga bisa menyebabkan kelumpuhan otot, gangguan ginjal, menurunnya kecerdasan, cacat mental dan kebutaan.

Ia juga menyebutkan sesuai perpres No. 21 Tahun 2019, alkes yang mengandung bahan merkuri tidak boleh digunakan lagi dan diganti dengan alat yang tidak mengandung merkuri.

“Peralatan seperti Termometer, Tensimeter dan amalgam gigi merupakan peralatan yang saat ini sudah dioperasikan tanpa melibatkan zat merkuri di dalamnya,” terang Danang.

Diketahui pemberian penghargaan tersebut juga bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57. (Dw.foto.dok.Diskominfo Wonosobo)

Related posts