Sambut Kemerdekaan! Ini 5 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Perjuangan

Jakarta,GPriority.co.id – Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus tinggal menghitung hari lagi. Kala itu di tahun 1945, para pejuang kemerdekaan berhasil merebut bangsa Indonesia dari tangan penjajah.

Untuk mengenang jasa para pahlawan, kita sebagai generasi muda dapat melakukan berbagai cara dalam menghormatinya seperti melakukan upacara, doa-doa, dan belajar tentang sejarah.

Belajar sejarah bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah menonton film-film bertemakan kemerdekaan Indonesia. Berikut lima rekomendasi film perjuangan Indonesia yang wajib ditonton:

1. Soekarno (2013)

Film garapan Hanung Bramantyo yang dirilis pada 11 Desember 2013 ini menceritakan tentang perjalanan hidup presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.
Film ini dibintangi oleh Ario Bayu sebagai Bung Karno, Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, dan Sudjiwo Tedjo.

Dalam film ini, Soekarno tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat. Film ini terbilang begitu rinci, mulai dari peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

2. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta menceritakan kisah Sultan Agung dalam perjuangannya melawan penjajah. Sultan Agung digambarkan dengan pria gagah berani yang ambisius.

Selain itu, dalam ceritanya Sultan Agung juga harus mengemban tanggung jawab besar untuk menyatukan para adipati di tanah Jawa yang sebelumnya terpecah belah karena ulah VOC.

3. Battle of Surabaya (2015)

Film bertema perjuangan Indonesia satu ini menggunakan tampilan berbeda dengan animasi 2 dimensi. Film animasi Battle of Surabaya disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.

Battle of Surabaya mengisahkan tentang petualangan Musa, seorang remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek Suroboyo pada pertempuran 10 November 1945.

Atas kesuksesannya, film Battle of Surabaya juga menjuarai berbagai penghargaan film seperti Best Animation di Milan International Film Festival 2017, Best Animation Berlin International Film Festival 2017, dan Best Animation Nice International Film Festival 2017.


4. Merah Putih (2009)

Film Merah Putih yang dirilis pada tahun 2009 ini adalah bagian pertama dari “Trilogi Merdeka” dan menjadi salah satu film sejarah Indonesia yang paling sering diputar di televisi-televisi menjelang 17 Agustus.

Film ini mengisahkan tentang para pejuang Indonesia yang kembali melawan Belanda setelah kemerdekaan di tahun 1947. Film ini dibintangi oleh aktor papan atas seperti Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Donny Alamsyah, hingga Darius Sinathrya.

Trilogi berikutnya dari film Merah Putih ini adalah ‘Darah Garuda’ dan ‘Hati Merdeka’ yang secara berturut-turut dirilis pada tahun 2010 dan 2011.


5. Jenderal Soedirman (2015)

Film yang dirilis pada tahun 2015 ini berfokus pada perjuangan Jenderal Soedirman yang tengah mengalami sakit keras namun tetap berusaha menjalankan misi gerilya selama tujuh bulan.

Meski hanya memiliki satu paru-paru saat menjalankan misi tersebut, sang Jenderal dan pasukannya berhasil membuat Belanda kewalahan dengan menandatangani perjanjian Roem-Royen.

Dibintangi oleh Adipati Dolken, film kemerdekaan ini membawa penonton hanyut dalam kisah perjuangan, strategi, dan kegigihan Soedirman bersama pasukannya. (Hn.Foto.istimewa)

Related posts