Sepenggal Kisah Yusuf Pasien Covid-19 Yang sembuh

Jakarta,Gpriority-Yusuf merupakan seorang pasien covid-19 yang telah dinyatakan sembuh oleh pihak RSHS Bandung.

Yusuf diperbolehkan pulang usai mendapatkan hasil negatif di tes kedua dan ketiga untuk SWAB dan Polymerase Chain Reaction (PCR).

Sebelum tercatat sebagai pasien ke-11,Yusuf mengaku tak mengalami gejala-gejala terinfeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Virus (SARS-CoV-2), virus penyebab Covid-19. Karena memiliki interaksi sosial tinggi dan rentan terpapar virus, Yusuf mengikuti proaktif tes yang diselenggarakan pemerintah provinsi, Minggu (14/3/2020).

Setelah tes pertamanya positif, ia sempat melakukan isolasi mandiri. “Saya tidak langsung ke rumah sakit, bukan karena apa-apa, cuma kamar isolasinya penuh,” ucapnya.

Menurut Yusuf, tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 paham betul akan prosedur medis. Dari mulai proses penjemputan sampai perawatan. Selain itu, kata dia, dokter dan perawat rutin menginformasikan beberapa hal penting soal Covid-19.

Kemudian, dokter dan perawat, ngecek suhu, oksigen, itu dua kali satu hari. Cek darah dan macam-macam tiga hari sekali. Cek juga apakah ada pneumonia.

Usai dinyatakan sembuh,Yusuf menghimbau bahwa semua orang mesti bahu-membahu melawan Covid-19.
“Pasien positif dan tenaga medis berjibaku di rumah sakit. Sementara yang lain bertanggung jawab pada diri sendiri, keluarga, rekan, dan lingkungan.Bentuk tanggung jawab itu terwujud dalam physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas Yusuf (Hs)

Related posts