Serasa Tidur di Glamping, Tenda Mina Haji Korea Selatan Jadi Sorotan

Jakarta, GPriority.co.id – Tenda haji Korea Selatan menuai sorotan, karena kenyamanan dan fasilitasnya yang lengkap. Begitupun juga dengan tenda haji milik Australia. Bahkan banyak yang menilai, jika tenda haji dua negara tersebut seperti glamping.

Berbeda dengan dua negara tersebut, tenda haji Indonesia justru menuai kritik karena dinilai tidak layak. Tenda haji Indonesia diketahui berukuran 10 m x 12 m, dan harus diisi oleh 160 orang. Bahkan, terdapat tenda yang diisi hingga lebih dari 300 orang jemaah haji.

Alhasil, para jemaah haji Indonesia harus tidur secara berdesakan. Beberapa di antaranya bahkan memilih untuk tidur di lorong, ataupun tidur secara bergantian untuk mengakali tenda yang over kapasitas tersebut.

Bahkan, tenda wanita dan pria pun dicampur. Sehingga membuat para wanita harus tidur dengan tetap berhijab dan berpakaian lengkap untuk menutup aurat mereka.

Tak hanya sampai disitu, masalah tenda haji Indonesia ini juga diperburuk dengan AC yang mati, di saat temperature menyentuh 47 derajat celcius.

Lalu, sebenarnya berapa perbandingan biaya haji 2024 antara negara Indonesia, Korea Selatan, dan Australia?

Dilansir dari Instagram @bigalphaid, berikut perbandingan biaya haji dari ketiga negara tersebut.

  • Indonesia : Rp93,4 juta (biaya penyelenggaraan ibadah haji) & Rp56 juta (biaya yang dibayar jemaah haji).
  • Korea Selatan : Rp142,07 juta (biaya haji).
  • Australia : Rp76,29 juta – Rp163,49 juta.

Meski menuai banyak protes, namun ada juga warganet yang menilai jika wajar saja kedua negara tersebut memiliki fasilitas haji yang nyaman, karena biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih mahal dibanding jemaah haji Indonesia.

Foto : TikTok / kanggilar.id