Serunya Culture Paradise Festival Pantai Rupat di Bengkalis

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Riau mengadakan event budaya tahunan Culture Paradise Festival Pantai Rupat 2021 selama dua hari pada tangga 23-24 Oktober 2021 kemarin.

Banyak kegiatan seru yang disajikan pada festival tersebut, seperti pertunjukan seni budaya modern maupun tradisional, dan pameran ekonomi kreatif masyarakat lokal di sekitar garis Pantai Rupat dan Pantai Lapin.

Selain itu ada lomba lari 10K yang dilakukan oleh 50 peserta di sepanjang bibir pantai berpasir putih yang teletak di tepian Selat Malaka dan berseberangan langsung dengan Port Dickson Malaysia. Kemudian lomba Perahu Jong yang terdiri dari 40 peserta, dan Fashion Show dari penata gaya RICO BJ yang sukses membuat penonton bangga buatan Indonesia.

Selama berlangsungnya acara, penonton disuguhi ragam penampilan menarik seperti panggung hiburan musik hip hop oleh “Distric Hip Hop” dari Duri, Rino Deza Paty dan The Syndicate dari Pekanbaru, dan Atraksi Zapin Api khas Riau.

Seluruh rangkaian acara tersebut diselenggarakan dengan konsep hybrid, yang dilakukan dengan protokol kesehatan, seperti para peserta wajib melakukan swab antigen.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar setelah acara Mandi Syafar dengan konsep yang berbeda-beda setiap tahunnya dan tahun ini agendanya Culture Paradise Festival Rupat 2021 dan Running 10 K.

Bupati Bengkalis, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra mengatakan Pulau Rupat, telah ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional dan oleh Pemerintah Provinsi Riau

Pulau Rupat juga telah ditetapkan sebagai target pembangunan kawasan ekonomi khusus pariwisata tahun 2019-2024, hal ini didasari oleh pandangan bahwa begitu penting dan strategisnya posisi dan potensi Pulau Rupat dalam pembangunan kawasan di Selat Malaka.

“Kami terus menggenjot kinerja Perangkat Daerah bidang pariwisata untuk membuat kalender wisata serta melaksanakan event-event tetap secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan sebagai media promosi wisata Pulau Rupat, termasuk juga pariwisata olahraga atau sport tourism,” tandasnya. (Dw.foto.dok.Humas Bengkalis)

Related posts