Siap Bantu Evakuasi Korban Di Gaza Palestina, Prabowo: Indonesia Akan Kirim Kapal Rumah Sakit

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, secara tegas mengatakan bahwa Indonesia siap berkomitmen penuh untuk membantu warga Palestina di Gaza, termasuk mengevakuasi korban di wilayah konflik tersebut.

Untuk mendukung hal tersebut, Prabowo mengatakan, Indonesia juga akan mengirimkan lebih banyak tim medis dan rumah sakit ke Gaza. Bahkan, Indonesia bakal mengirim kapal rumah sakit untuk warga Palestina.

“Kami siap untuk sekali lagi mengerahkan kapal rumah sakit. Mengerahkan aset udara untuk pengiriman bantuan ke Gaza melalui metode airdrop,” tegas Prabowo saat mewakili Presiden Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat Gaza bertajuk ‘Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza’ yang digelar di Amman, Yordania, Rabu (12/6/2024), dikutip dari laman Kementerian Pertahanan.

Lebih lanjut, Prabowo mengungkapkan jika Indonesia bersedia mengevakuasi 1.000 pasien untuk dirawat di rumah sakit. Pemerintah Indonesia akan berjuang menyembuhkan warga Gaza akibat perang.

“Kami bersedia mengevakuasi anak-anak dan anak yatim piatu untuk diberikan perawatan pasca trauma dan sekolah. Dan untuk kembali ke Gaza ketika situasi menjadi normal,” ucapnya.

Prabowo berharap, situasi Gaza di Palestina dapat segera pulih. Jangan sampai, bencana kemanusiaan terus terjadi di Gaza, Palestina.

“Hanya dengan solusi dua negara, Palestina serta Israel dapat hidup berdampingan secara aman dan tenteram. Masalah ini dapat diselesaikan,” ungkap Prabowo.

Foto : Kementerian Pertahanan RI