Socfindo Bangun Jalan Produksi untuk Masyarakat di Aceh Tamiang Dampak dari Isolasi Akses Liar

Aceh, GPriority.co.id – Socfin Indonesia Kebun Sei Liput membangun jalan produksi untuk membantu warga mengangkut hasil panen di Desa Payatampah, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh.

Pengerjaan jalan produksi ini sendiri sudah dimulai sejak Kamis, 20 Juni 2024, lalu dengan memanfaatkan lahan milik warga.

Penentuan jalur yang digunakan tersebut sebelumnya sudah melalui rapat bersama warga dan Datok Penghulu Kampung Payatampah.

Pengurus Socfin Kebun Seiliput, Erik Obaza Barus, mengatakan, pembangunan jalan produksi ini sebagai pengganti akses liar yang sudah diisolasi di Divisi IV Selelah.Erik mengaku, masyarakat setempat tidak keberatan dengan isolasi, asal Socfindo membantu mereka membuat akses jalan yang bisa memudahkan mengangut hasil panen.

“Selama ini mereka mengangkut hasil panennya melalui perkebunan kami, tentunya tidak mudah karena hanya bisa dilalui kendaraan roda dua,” kata Erik, Minggu (23/6).

Jalan produksi yang dibangun,Erik menyebut, diperkirakan sepanjang 1,5 kilometer dengan lebar 3 meter. Kondisi ini nantinya sangat memungkinkan bagi warga mengangkut hasil panennya menggunakan kendaraan roda empat.

Lebih lanjut, Asisten Kepala, Beni Sihotang menambahkan, dalam proses pembuatan jalan, pihak perusahaan telah menurunkan sejumlah alat berat untuk mencapai hasil kerja maksimal.

“Nanti akan kami grader, sehingga semakin padat,” kata Beni.

Sementara itu, Datok Penghulu Kampung Payatampah, Mijan, mengungkapkan jika pembangunan jalan produksi ini sudah lama diharapkan masyarakatnya.

Mijan menyebut, kampung yang dipimpinnya dihuni 600 keluarga. Mayoritas warganya merupakan pekebun kelapa sawit dan karet. Kata Mijan, selama ini mereka mengangkut hasil panennya melalui jalan perkebunan Socfin.

“Kalau lagi musim hujan, warga tidak bisa mengeluarkan hasil panen, buahnya busuk,” kata Mijan didampingi sejumlah warga yang ikut membantu pembuatan jalan produksi.

Dengan keberadaan jalan produksi yang dibangun pihak Socfindo ini, Mijan optimis akan memberi dampak positif bagi perekonomian warganya.

“Kalau ekonomi warga sudah tumbuh, ini akan bagus buat anak-anak untuk melanjutkan sekolah lebih tinggi, ke depan kampung kami akan semakin maju,” ujarnya.

Foto: Zulfitra/GPriority