Spanyol Menang Telak 3-0 atas Kroasia di Grup B Euro 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Timnas Spanyol menunjukkan performa gemilang dengan mengalahkan timnas Kroasia 3-0 dalam laga Grup B Euro 2024 yang digelar di Olympiastadion, Berlin, pada Sabtu (15/6). Kemenangan ini semakin mengukuhkan posisi Spanyol sebagai salah satu favorit di turnamen ini.

Pertandingan dimulai dengan intensitas tinggi, namun Spanyol lebih dulu menemukan ritmenya. Gol pertama tercipta pada menit ke-29 melalui aksi Alvaro Morata yang memanfaatkan umpan matang dari Fabian Ruiz. Gol ini memecah kebuntuan dan meningkatkan kepercayaan diri tim Matador.

Hanya berselang tiga menit, Spanyol menggandakan keunggulan lewat tendangan keras Fabian Ruiz pada menit ke-32, kali ini setelah menerima umpan dari Pedri. Dominasi Spanyol semakin terlihat dengan gol ketiga yang dicetak oleh Dani Carvajal pada menit 40+2, memanfaatkan umpan dari Lamine Yamal, mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Kroasia mendapatkan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan saat wasit memberikan hadiah penalti pada menit ke-80. Namun, upaya Kroasia melalui tendangan penalti Petrovic berhasil digagalkan oleh kiper Spanyol, Unai Simon. Bola muntahan penalti sempat dikuasai kembali oleh Ivan Perisic yang mengumpan balik ke Petrovic hingga berbuah gol, namun gol tersebut dianulir setelah wasit meninjau Video Assistant Referee (VAR) karena terjadi pelanggaran sebelum gol tercipta.

Dengan kemenangan ini, Spanyol memperkuat posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara di Grup B, sementara Kroasia harus bekerja keras dalam pertandingan-pertandingan berikutnya untuk menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya. Performansi impresif Spanyol ini juga menjadi sinyal bagi lawan-lawan mereka bahwa mereka adalah tim yang patut diwaspadai di Euro 2024.

Kiper Spanyol, Unai Simon, mendapatkan pujian khusus berkat penyelamatan penalti yang krusial. Di sisi lain, lini serang Spanyol menunjukkan kolaborasi yang baik dengan kombinasi serangan yang mematikan, membawa mereka meraih kemenangan yang meyakinkan.

Euro 2024 masih panjang, dan performa seperti ini memberikan harapan besar bagi pendukung Spanyol untuk melihat tim kesayangan mereka melangkah jauh dalam turnamen ini.

Foto: X @OptaJean