Strategi Zona Hijau Agar Tidak Merah di Sulawesi Selatan

Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rabu (10/6/2020) di Graha BNPB menggelar dialog virtual terkait strategi perubahan zona di Sulawesi.

Hadir sebagai pembicara Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Dalam kesempatan tersebut, seperti dijelaskan oleh Nurdin Abdullah, di Sulawesi Selatan ada beberapa daerah yang sudah masuk ke zona hijau, namun menurutnya hanya Toraja Utara yang benar-benar tidak memiliki kasus Covid-19.

“ Untuk zona merah, ada di Makasar, Luwu Timur dan Maros,” kata Nurdin Abdullah.

Nurdin juga mengatakan di masa transisi ini tidak menutup kemungkinan zona hijau di Sulawesi Selatan berubah menjadi merah kembali. “ Untuk itulah dibutuhkan strategi,” ujar Nurdin.

Strategi yang dimaksud Nurdin, yang pertama melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya Covid-19.
Kedua, Menghimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan salah satunya adalah tetap menggunakan masker.

Kata Nurdin, ia akan mendorong para kepala daerah yang ada di Sulawesi Selatan untuk membuat aturan-aturan yang akan membuat masyarakat di Sulsel lebih disiplin, lebih sadar dalam rangka menerapkan protokol kesehatan.

Ketiga, aktif melakukan tracking contact. Ini dilakukan agar bisa mengetahui jumlah OTG dan PDP yang tidak terdeteksi.
Dijelaskan Nurdin, terkait tracking ini sangat penting, apalagi baru-baru ini kota Makasar di Sulawesi Selatan dihebohkan dengan pengambilan paksa jenazah Covid-19 di 4 Rumah sakit. “Hal ini tentu saja menimbulkan klaster baru di Makasar dan Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Keempat, lanjut Nurdin, terus melakukan tes, baik menggunakan PCR maupun rapid test.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paemboan mendukung penuh keputusan Gubernur Nurdin Abdullah. Menurut Kalatiku, Toraja Utara bisa terbebas dari Covid-19, karena menerapkan aturan yang dihimbau oleh Gubernur Nurdin hingga saat ini.
Kalatiku berharap, pemerintah daerah yang lain bisa menerapkannya juga sehingga cita-cita Gubernur, Sulsel bebas dari Covid-19 dan masuk zona hijau bisa tercipta.

Terkait update Covid-19, berdasarkan data dari laman Covid-19.go.id, jumlah pasien yang positif Covid-19 pada hari Rabu (10/6/2020) berjumlah 34.316 kasus. Jumlah pasien yang sembuh berjumlah 12.129 orang dan yang meninggal 1.959 orang. (Hs)

Related posts