Sukses Digelar, ISPE 2024 Dorong Keberlanjutan di Indonesia

Jakarta, GPriority.co.id – Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2024 sukses digelar pada 11-12 Juni 2024 di SMESCO Indonesia. Kolaborasi antara AKEN dan Keren Event Organizer dengan dukungan dari berbagai kementerian dan lembaga menandai pentingnya pengadaan berkelanjutan.

Pengadaan berkelanjutan kini menjadi fokus utama dalam upaya mendorong ekonomi lokal. ISPE 2024 menghadirkan berbagai pemangku kepentingan untuk mengeksplorasi peluang dan komitmen terhadap pengadaan yang berkelanjutan, dengan tema “Implementasi Pengadaan Berkelanjutan Melalui Efektifitas Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pemberdayaan UMKM, dan Digitalisasi Pengadaan”.

Kepala LKPP, Dr. Hendrar Prihadi, membuka ISPE 2024 dengan menyoroti pentingnya keberlanjutan dalam pengadaan barang dan jasa. Dengan dukungan berbagai pihak, ISPE 2024 menjadi platform bagi industri pengadaan untuk bertukar gagasan dan berkolaborasi demi masa depan yang lebih berkelanjutan.

“Bahwa ada
L nilai-nilai khusus atau nilai-nilai yang menjadi prioritas pada saat kemudian produk-produk yang akan dibeli oleh pejabat pengadaan itu mempunyai aspek keberlanjutan,” kata Hendrar Prihadi.

ISPE 2024 menjadi ajang penting bagi pemangku kepentingan dalam industri pengadaan untuk bertemu dan membahas pengadaan berkelanjutan. Dengan tema yang kuat, acara ini menggambarkan tekad untuk menjadikan pengadaan sebagai pilar utama menuju masa depan yang lebih hijau dan ramah lingkungan.

ISPE 2024 juga menghadirkan sesi Business Matching eksklusif bagi pelaku bisnis dan pemerintah untuk berinteraksi langsung dan menjalin kemitraan yang saling menguntungkan. Lebih dari 80 partisipan dari berbagai instansi pemerintah dan swasta berpartisipasi dalam sesi ini, membangun hubungan yang kuat untuk masa depan pengadaan yang lebih baik.

Selain itu, ISPE 2024 menyelenggarakan berbagai seminar dan symposium yang menghadirkan para expert pengadaan. Topik-topik seperti digitalisasi pengadaan dan mitigasi permasalahan hukum dibahas untuk memberikan pengetahuan baru dan meningkatkan praktik pengadaan yang berkelanjutan di Indonesia.

Dengan lebih dari 1600 peserta dari berbagai instansi pemerintah dan swasta, ISPE 2024 menjadi pameran pengadaan terbesar di Indonesia. Acara ini menunjukkan antusiasme dan komitmen yang kuat terhadap pengadaan berkelanjutan dari seluruh pemangku kepentingan.

ISPE 2024 juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Hukum dan HAM, Provinsi DKI Jakarta, Kota Denpasar, dan Kabupaten Banyuwangi sebagai pengadaan dengan jumlah transaksi PDN tertinggi. Penghargaan ini menyoroti komitmen mereka terhadap pengadaan berkelanjutan.

Dalam ISPE 2024 juga menghadirkan International Symposium yang membahas kebijakan pengadaan berkelanjutan. Para pembicara internasional memberikan pandangan tentang implementasi green public procurement dan pentingnya memiliki rencana aksi yang jelas.

ISPE 2024 bukan hanya sekadar acara, tetapi langkah nyata menuju masa depan yang lebih hijau. Dengan partisipasi luas dari berbagai pihak, acara ini memberikan harapan baru bagi pengembangan industri pengadaan yang bertanggung jawab dan berdampak positif bagi lingkungan.

Foto: ISPE