Sandiaga Uno Ingin Jadikan Pasar Buku Kwitang Sebagai Zona Khusus Wisata Literasi

Jakarta, GPriority.co.id – Demi membantu pemajuan industri penerbitan di Tanah Air, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ingin menjadikan Pasar Buku Kwitang, Jakarta, sebagai zona khusus wisata literasi.

“Kalau kita bikin zona khusus untuk wisata literasi ini juga akan membantu untuk tetap menggeliatkan industri penerbitan,” kata Sandiaga di Jakarta, Rabu (19/6).

Sandiaga mengatakan, nantinya zona khusus wisata literasi Kwitang ini akan terintegrasi dengan zona pariwisata halal yang dekat dengan Islamic Center, sehingga turut memacu peningkatan wisata halal di Indonesia.

Sandiaga menjelaskan, rencana pembuatan zona khusus ini dilakukan karena adanya penurunan penjualan di industri penerbitan yang terlihat dari jarangnya penyelenggaraan perhelatan pameran buku internasional (International Book Fair).

Padahal menurutnya, industri penerbitan memiliki peranan penting dalam berkontribusi terhadap pemajuan ekonomi kreatif, khususnya sektor film.

“Film-film yang sukses mau itu dari Netflix ataupun film-film bioskop itu justru berasal dari tulisan-tulisan yang sangat sukses, baik dalam bentuk novel maupun dalam bentuk skrip yang ada di industri penerbitan,” kata Sandiaga.

Selain membuat zona khusus wisata literasi di Pasar Buku Kwitang, pihaknya juga akan memfasilitasi industri penerbitan untuk melakukan transformasi digital. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mendorong minat baca masyarakat Indonesia.

Foto: X @pawkucingkecil