Antusias 148 Peserta OKK PWI Jaya Angkatan ke-15

Jakarta, GPriority.co.id – Sebanyak 148 peserta antusias mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) angkatan ke-15 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta. OKK itu berlangsung di Kantor Sekretariat PWI DKI Jakarta atau PWI Jaya pada Rabu (19/6).

Kegiatan dimulai pada sesi pertama tentang Pedoman Dasar Rumah Tangga PWI oleh Ketua PWI DKI Jakarta, Kesit B Handoyo. Kesit mengatakan, OKK tahun ini mencetak sejarah penyelenggaraan dengan peserta terbanyak.

Menurutnya, tujuan dari OKK ini adalah untuk menjaring serta mengembangkan roda organisasi wartawan tertua di Indonesia itu.

“Tujuan dari di adakannya OKK ini, PWI Jaya ingin mengembangkan organisasi dengan menjaring anggota lebih banyak lagi. Dan, tentunya OKK PWI Jaya digelar untuk regenerasi,” kata Kesit.

Karena membludaknya peserta, Kesit menuturkan dalam penyelenggara dibagi menjadi dua sesi, yakni, Sesi Pertama (pagi) dimulai pada pukul 08.00 WIB – 11.30 WIB. Lalu, Sesi Kedua (siang) dimulai pada pukul 13.00 WIB – 17.00 WIB.

Pada sesi kedua, OKK Angkatan Ke-15 diisi oleh Dr. Retno Intani selaku Dewan Kehormatan PWI serta Praktisi Media TVRI dengan membawakan materi Hukum Pers Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Perilaku wartawan.

Retno menjelaskan, pemberitaan ramah anak telah diatur dalam Undang-undang No.40 tahun 1999 tentang pers yang diatur dalam pasal 4,5,7 dan 14, Undang-undang No.32 tentang penyiaran serta Undang-undang tentang Peradilan Anak.

Sedangkan sesi ketiga, diisi Asesor Uji Kompetensi Wartawan PWI, Aat Surya Safaat dengan materi teknis penulisan berita. Menurut dia, rumusan 5W+1H wajib dalam penulisan berita agar fakta dan data peristiwa bernilai.

“Wartawan dituntut untuk kreatif dengan menulis berita sesuai fakta peristiwa dan fakta pernyataan/opini yang menarik, penting, objektif, aktual,” tuturnya.

Perlu diketahui, PWI menggelar OKK selama 2 hari pada 19-20 Juni 2024. Pada (19/6) OKK itu dibagi kedalam 2 sesi yakni pagi dan siang, sedangkan pada (20/6) diperuntukan untuk jenjang anggota muda menjadi biasa.

Foto: Istimewa