Tak Lekang oleh Waktu, 5 Makanan Tradisional Ini Tetap Jadi Favorit

Jakarta, GPriority.co.id – Makanan tradisional Indonesia memiliki citarasa yang khas dari tiap daerahnya. Meski berbeda asalnya, kualitas rasa makanan Indonesia tetap menjadi selera di tiap kalangan masyarakat.
Zaman boleh saja berubah, tetapi citarasa masakan Indonesia tidak boleh habis ditelan waktu. Resep turun-temurun yang diwariskan memberikan pengaruh pada masyarakat dari generasi ke generasi agar tetap menyukai makanan khas Indonesia.
Berikut 5 makanan tradisional ini akan terus digamari oleh masyarakat dari waktu ke waktu:
Rendang
Makanan berbahan dasar daging ini merupakan makanan asal Padang yang disukai oleh banyak kalangan termasuk masyarakat mancanegara. Alasan rendang banyak disukai karena rasanya yang kaya rempah dan pedas cocok disantap dengan nasi putih yang hangat.

Sate
Olahan daging ayam, kambing, kerbau, atau kelinci yang dibakar di atas arang dengan bumbu khusus ini juga menjadi makanan favorit hingga saat ini. Makanan khas Indonesia ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang grih, manis, dan pedas. Uniknya adalah setiap daerah di Indonesia memiliki sajian sate namun nama dan penyajiannya berbeda-beda, seperti Sate Padang dari Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal, dan Sate Buntal.

Ayam Penyet
Ayam penyet merupakan hidangan khas Indonesia yang berasa dari Surabaya, Jawa Timur. Seperti namanya, ayam yang sudah digoreng akan disajikan dalam keadaan sudah dipenyet teebih dahulu lalu dilumuri dengan sambal bawang, sambar tomat, ataupun sambal merah.

Lemper
Lemper adalah kudapan khas Indonesia berbahan dasar ketan yang berisikan ayam suwir dan dibalut dengan daun pisang. Lemper selalu hadir di tiap acara-acar penting yang selenggarakan oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak membuat siapapun akan menyukainya.

Tongseng
Hidangan daging kambing ini mirip dengan gulai tetapi bumbu tongseng sedikit lebih kuat. Tongseng sendiri merupakan makanan asal Jawa Tengah yang disajikan dengan sayuran, seperti potongan kol atau kubis dan tomat. Rasa rempah yang kuat dan kuahnya yang kental serta daging kambing yang khas membuat tongseng menjadi makanan favorit banyak orang.
Itulah 5 makanan yang tetap manjadi favorit masyarakat meski zaman terus berkembang maju. (Gs)

Related posts