Tambah Proporsi RTH, Pj. Heru Budi Tanam Seratus Pohon di Sepanjang Jalan Agung Perkasa

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: PPID DKI Jakarta

Jakarta,GPriority.co.id-Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana menanam pohon di Jalan Agung Perkasa 8, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rencananya, di sepanjang pinggir jalan tersebut akan ditanam sebanyak 100 pohon tabebuya kuning.

Dalam hal ini, Heru bersama pihaknya terus berupaya menambah proporsi ruang Ruang Terbuka Hijau (RTH). Gerakan menanam pohon gencar dilakukan di seluruh wilayah untuk meningkatkan nilai guna ruang-ruang.

“Pagi ini, saya dengan Wali Kota bersama perangkat Pemkot Jakarta Utara menanam pohon, sekitar 100 pohon. Hari ini kita tanam ada 50 pohon, melanjutkan pohon yang sudah ditanam sebelumnya,” kata Heru kepada awak media Jumat (7/7). 

Menurutnya, gerakan menanam pohon ini juga dilakukan untuk mengembalikan fungsi lahan yang sebelumnya tidak terpakai agar lebih berguna sebagai ruang terbuka hijau.

Selain ditanam pohon tabebuya kuning, Heru berujar area tersebut juga akan dipercantik dengan tanaman widelia, alang-alang merah, dan patah tulang hijau.

“Sebelumnya, di lahan ini ada bangunan-bangunan yang tidak seharusnya berada di sini. Jadi, Wali Kota Jakarta Utara menertibkannya, lalu mengembalikan fungsinya dengan ditanami pohon. Memang peruntukannya untuk lahan hijau,” ucapnya.

Lebih lanjut, Heru berharap lahan yang sudah dipercantik tersebut dapat dijaga dan dirawat dengan baik oleh masyarakat agar manfaatnya bisa benar-benar dirasakan.

Ia pun menegaskan, pihaknya akan terus memperluas ruang terbuka hijau dan kegiatan menanam pohon, sebab kehadiran ruang terbuka hijau baru tersebut diharapkan dapat menambah keindahan dan kebersihan Jakarta.
 
“Yang penting kita tiap minggu, tiap hari, bisa menanam pohon di seluruh wilayah. Hari ini di sini, nanti akan berlanjut di titik-titik yang lain. Agenda menanam pohon di wilayah rutin dilakukan hari Jumat. Kalau saya bisa Selasa, bisa Jumat. Itu juga sama tempatnya, yang tadinya kurang baik dilihat, kita rapikan dengan menanam pohon,” terang Heru.