Terkait Larangan Umroh Akibat Corona , Kemenag Langsung Melakukan Konfirmasi Ke Pemerintah Arab Saudi

Jakarta,Gpriority-Cepatnya penyebaran virus corona ke negara lain membuat sejumlah negara mengeluarkan travel warning termasuk Arab Saudi.

Dilansir dari kantor berita SPA, pada tanggal 27 Februari Pemerintah Arab Saudi untuk sementara waktu menyetop kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya termasuk Indonesia.

Penghentian ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di negaranya.

Tak kalah penting, pemerintah Saudi juga melarang warganya untuk berkunjung ke negara-negara yang kini sedang dilanda wabah virus Corona.

Semua ketentuan ini menurut Pemerintah Arab Saudi hanya bersifat sementara, dan akan terus dievaluasi mengikuti perkembangan.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim terkejut dengan adanya pelarangan ini dan meminta penjelasan dari pemerintah Arab Saudi.

“Kami saat ini sedang melakukan konfirmasi ke pemerintah Arab Saudi,” tutur Arfi.

Menurut Arfi alasan pelarangan tersebut dikarenakan Indonesia masuk dalam list salah satu negera dengan potensi penyebar virus mematikan Coronavirus atau Covid-19. “Ya itu kan gara-gara Coronavirus,” terang dia.

Arfi sendiri tidak mengetahui secara pasti sampai kapan penghentian ibadah umrah bagi warga negara Indonesia tersebut diberlakukan. “Belum tau sampai kapan,” tutup Arfi.(Hs)

Related posts