Tips Memberikan Snack yang Aman Bagi Anak

Masa MPASI adalah masa dimana tubuh si Kecil memerlukan pelengkap nutrisi melalui makanan pendamping. Menurut dokter spesialis anak, 70% asupan nutrisi didapatkan dari MPASI makana utama, sedangkan 30% lainnya didaptkan dari snack. Berikut beberapa tips memberikan snack yang bergizi dan menyenangkan bagi si Kecil.

Snack mengandung zat gizi makro
Snack yang bergizi mengandung zat-zat seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan omega 3 & 6. Misalnya sayuran kukus, biskuit bayu, buah-buahan, pasta, tahu, dan telur rebus.

Pilih wadah snack yang aman
Agar snacking semakin nyaman dan menyenangkan, Ibu dapat meletakkan snack ke wadah yang sesuai untuk snacking si Kecil. Misalnya snack cup yang terbuat dari bahan yang aman, tidak memiliki sudut yang tajam, memudahkan si Kecil untuk mengambil snack, serta dapat ditutup sehingga snack dapat disimpan apabila tidak habis.

Buat suasana jadi santai
Pemberian makan atau snacking harus menjadi momen yang menyenangkan untuk si Kecil, oleh karena itu ciptakan suasana gembira dengan mengajaknya makan sambil bermain atau bernyanyi.

Hindari memberi penambah rasa
Ibu juga sebaiknya tidak menambahkan gula, garam dan zat tambahan lainnya pada menu MPASI 6 bulan bagi Si Kecil yang baru belajar makan. Rasa makanannya harus hambar, dengan tekstur yang sangat lembut dan terbuat dari bahan makanan yang tidak memicu alergi.

 Jadwal Makan
Sebenarnya tidak ada jadwal makan yang baku untuk bayi 6 bulan. Ibu bisa membuat jadwal makan sendiri atau berdiskusi dengan dokter spesialis anak. (VIA)

Related posts