Tips Membuat Anak Duduk Tenang Saat Makan

Makan merupakan proses belajar bagi anak. Mulai dari belajar mengenal tekstur hingga managemen waktu untuk pola makan yang baik. Jadi, penting sekali untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat Si Kecil makan di kuris makannya.

Berikut beberapa tips membuat anak betah di kursinya saat makan:

1.Posisi duduk anak
Ukuran kursi yang pas untuk anak, bisa menambahkan bantalan kursi. Posisi duduk anak harus cukup tinggi untuk mencapai meja, dan lutut bisa ditekuk.

2.Buat jadwal makan yang teratur
Mengatur jadwal makan anak 2,5-3 jam untuk waktu makan selanjutnya. Hal ini bisa membantu mengatur nafsu makan anak agar kondisi lapar dan kenyang dapat ibu pantau.

3.Kurangi ekspektasi kita dengan “anak makan selalu duduk nyaman”
Batas waktu anak makan hanya sampai 30 menit. Karena bila melewati waktu tersebut dapat membuat anak tidak nafsu atau masih kenyang di waktu makan berikutnya.

4 Menu makanan yang bervariasi
Cobalah untuk selalu membuat menu makan anak yang lebih bervariasi. Variasi rasa dan juga bentuknya. Kemudian sesuaikan dengan kemampuan oromotor usia anak.

5.Buat ritual yang baik sebelum dan sesudah makan
Misalnya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah makan, makan bersama anggota keluarga di meja makan, berdoa sebelum dan sesudah makan.

6.Usahakan tidak makan sambil melihat TV atau video
Membuat anak tenang di kursinya saat makan bukan dengan membiarkan mereka makan dengan menonton TV atau video lainnya. Justru hal tersebut akan membuat anak terlena bahkan mengemut makanannya. Sehingga proses makan jadi lebih lama.

Awalnya mungkin akan terasa sulit dilakukan, namun bila konsisten membuat alur makan yang baik, serta memberikan rasa nyaman di lungkungan tempat dia makan maka akan membantu anak bisa duduk tenang dari awal hingga proses makannya selesai. (VIA)

Related posts