5 Jalan Raya Unik yang Ada di Indonesia

Jalanan memiliki fungsi sebagai pembuka keterisolasian, meningkatkan perekonomian dan memperlancar konektivitas. Berkat adanya jalan pula masyarakat dari desa yang satu dan desa yang lainnya bisa berkomunikasi dan saling bertemu.

Mengingat betapa pentingnya jalan bagi masyarakat, Kementerian PUPR terus melaksanakan pembangunan jalan. Tak hanya sekedar dibangun, Kementerian PUPR juga membuat 5 jalan terunik di Indonesia. Nah jalan di daerah mana saja yang terbilang unik, berikut daftarnya:

1.Kelok 44, Kabupaten Agam
Jalan Kelok 44 berada di Kabupaten Agam Sumatera Barat.Kelok 44 merupakan daerah perbukitan yang berada di di atas Danau Maninjau yang dilingkari jalan yang berkelok dilerengnya.

Kelok 44 merupakan tikungan berjumlah 44 belokan. Itu sebabnya rute ini dinamakan Kelok Ampek Puluh Ampek. Setiap kelokan memang patah. Setiap kelok itu diberi nomor berurut. Sepanjang perjalanan dari bukit tinggi menuju danau ini, para wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah berupa sawah-sawah yang berbentuk terasiring, pancuran-pancuran air dari sungai yang bertingkat-tingkat, serta hijaunya deretan Bukit Barisan.

2.Jalan Tol Bali Mandara Provinsi Bali
Jalan tol Bali Mandara merupakan jalan tol yang memiliki panjang 12,7 kilometer yang menghubungkan Pelabuhan Benoa, Bandara Internasional Ngurah Rai yang terletak di Denpasar dengan Nusa Dua di Provinsi Bali.
Yang membuat jalan tol yang diresmikan Presiden SBY pada 23 September 2013 ini menarik adalah berdiri di atas laut sehingga pengemudi bisa melihat pemandangan hutan mangrove yang terdapat di pinggir laut.

3.Jalan Heat Papua
Jalan Heat Tembagapura atau Ilyas Road terletak di kawasan PT. Freeport Indonesia, Papua. Jalanan sepanjang 8 km itu membelah perbukitan di Tembagapura dan memiliki fungsi sebagai jalur utama pengiriman alat berat ke area tambang.Pembuatan jalan tersebut diarsiteki oleh Ilyas Hamid, putra Indonesia. Jalan ini sendiri dibangun dalam jangka waktu 22 bulan saja. Kemudian diresmikan pada 25 Mei 2014.

4.Jalan Slamet Riyadi Kota Solo
Jalan Slamet Riyadi yang terletak di Kota Solo merupakan salah satu jalan yang dinobatkan oleh Asia Tenggara sebagai jalan paling panjang di negara Asean.jalan ini memanjang ke timur mulai dari Tugu Purwosari hingga Bundaran Gladag. Dahulu sebelum berbenah seperti sekarang ini, jalan tersebut bukanlah sesuatu yang menarik. Pada zaman penjajahan Belanda jalan ini bernama Jalan purwosari atau Poerwasariweg.

Sebagai jalan yang memiliki sejarah dan terpanjang di Asean, Jl.Slamet Riyadi sering dijadikan sebagai tempat acara baik untuk menggelar musik maupun kegiatan lainnya.

Selain itu jalan ini sering dijadikan tempat Instagrammable bagi wisatawan yang berkunjung ke Solo.

5.Simpang Susun Semanggi Jakarta
Selain sebagai pengurai kemacetan, Simpang Susun Semanggi yang terletak di Jakarta menjadi daya tarik bagi wisatawan yang hadir di Jakarta. Bentuknya yang melengkung menjadikan jalan layang non tol menuju ke Grogol ini sebagai ikonik wisata di Jakarta.(Hs.Foto.Kementerian PUPR)

Related posts