Tips Menerapkan Work From Home (WFH) Agar Tetap Produktif


Jakarta,Gpriority-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengumumkan pendemi virus corona di seluruh dunia. Banyak korban jiwa yang gugur setelah berjuang melawan Covid-19. Hal ini pun membuat Presiden Joko Widodo menginstrusksikan kepada seluruh warganya untuk tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang penting. Pemerintah pun membuat kebijakan seperti meliburkan sekolah, melakukan kelas online, dan memberlakukan Work From Home (WFH).

Apa itu Work From Home?
Work From Home (WFH) adalah bekerja dari rumah, yang artinya semua kegiatan atau pekerjaan dilakukan dari rumah, biasanya bekerja menggunakan laptop.
Jadi kita tidak harus datang ke kantor untuk bekerja dan tatap muka dengan pegawai lain.

Kebijakan WFH yang di instruksikan oleh Presiden ini sebenarnya menimbulkan pro dan kontra, pasalnya tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan di rumah, seperti tukang ojek, pedagang kaki lima, dan sebagainya, hanya pekerjaan tertentu saja yang bisa menerapkan kebijakan ini.

Kemudian bagi yang sudah melakukan WFH tentu saja harus menyesuaikan diri dari bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah. Tak jarang pula bagi yang bekerja di rumah mendapatkan kendala seperti gangguan dari orang rumah, atau dianggap menganggur padahal sedang bekerja, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana tips bekerja di rumah agar tetap efektif dan produktif?

1. Pilih Tempat Kerja yang Nyaman
Karena bekerja di rumah seharunya bisa lebih leluasa untuk memilih tempat kerja yang nyaman. Kita juga bisa berganti tempat ketika sedang bosan, seperti dikamar, ruang tamu, terasa rumah, dan lain-lain.

2. Memilih posisi duduk yang tepat
Hanya karena bekerja dari rumah bukan berarti kita harus bekerja sambil tiduran, karena hal tersebut akan mengganggu kesehatan. Diusahakan menggunakan kursi dan meja seperti dikantor. Bekerja sambil tiduran juga akan menimbulkan rasa ngantuk dan tidak bisa fokus pada pekerjaan.

3. Memilih waktu yang pas
WFH juga memiliki waktu yang fleksibel, kita bisa mengerjakannya kapan saja, asalkan pekerjaan tersebut selesai tepat pada waktunya.

4. Istirahat dan Menjaga Kesehatan Mata
Jika dirasa sudah cukup lelah maka istirahatlah, jangan paksakan mata untuk terus menapat layar monitor. Merenggangkan badan , dan buatlah badan sereleks mungkin. Jangan lupa makan yang teratur dan minum air putih untuk meningkatkan data tahan tubuh, karena diluar sana masih ada virus corona yang berkeliaran.

5. Olahraga
Jika bekerja dikantor pasti ada masanya kita bergerak saat berangkat dan pulang kerja. Namun saat bekerja di rumah pergerakan tersebut pasti akan berkurang, tubuh akan kaku karena sehari-hari hanya duduk menatap laptop tanpa melakukan aktivitas apapun. Hanya karena bekerja di rumah jangan menjadikan kita malas untuk berolahraga, lakukan lah olahraga yang mudah seperti melakukan peregangan, mengelilingi rumah, atau melihat tutorial olahraga.

6. Jaga jaringan komunikasi
Kadang kala yang menjadi penghambat bekerja di rumah adalah miskomunikasi. Kita harus pastikan jaringan seluler selalu online agar mudah dihubungi, hal tersebut dilakukan jika sewaktu waktu ada pekerjaan tambahan yang besifat penting. Jika kita bosan juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk bercengkrama dengan teman.(Dwi)

Related posts