Tugu Sepeda Jakarta, Riza Patria: Dananya Bukan dari APBD tapi Swasta

Jakarta,Gpriority-Guna memperingati momentum penggunaan sepeda sebagai alat transportasi di masa pandemi, pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun tugu sepeda di jalan Jenderal Sudirman-Thamrin.

 “ Ya benar, kami akan membangun tugu sepeda di kawasan tersebut,” ucap Ahmad Riza Patria di Balai Kota,Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Untuk membangun tugu sepeda, Pemprov DKI telah menganggarkan uang sebesar Rp.800 juta.” Mengenai biayanya bukan dari APBD melainkan dari pihak swasta yang telah melakukan kerja sama dengan Pemprov DKI,” ucap Ariza begitu Ahmad Riza Patria di sapa.

Tak hanya tugu, pihak swasta yang menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI juga akan membangun jalur sepeda permanen. “ Dengan adanya jalur tersebut, diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi sepeda,” jelas Ariza.

Terkait dengan pembangunan tugu, Ariza mengatakan akan melibatkan banyak arsitek dan juga seniman sehingga hasilnya bagus dan enak dipandang mata.

Belum sempat dibangun, tugu sepeda langsung mendapat kritikan dari mantan politikus partai demokrat Ferdinand Hutahean.

Dalam cuitan di twitternya, Jum’at (9/4/2021), Ferdinand mengatakan proyek pembangunan sepeda merupakan program yang tidak bermanfaat dan tidak memiliki landasan filosofis.” Kalau mau membangun tugu seharusnya bangun tugu yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Jakarta,” ucap Ferdinand.

Lebih lanjut dikatakan Ferdinand, “ Dengan dibangunnya tugu ini, saya melihat kalau nantinya hanya akan mengotori pemandangan di Jalan Sudirman dan merendahkan kehormatan Jenderal Sudirman karena tugu sepeda yang dibangun bentuknya ban sepeda.”

Terakhir, Ferdinand juga menilai bahwa uang Rp.800 juta yang disiapkan untuk pembangunan nilainya sangat tinggi dikarenakan pembangunan Simpang Susun Semanggi nilainya tidak sebesar itu.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari Pemprov DKI.(Hs)   

Related posts