Volkswagen Hadirkan Teknologi AI ChatGPT di Kendaraannya

Jakarta, GPriority.co.id – Volkswagen telah mengumumkan integrasi teknologi ChatGPT ke dalam sistem kendaraan mereka, meningkatkan pengalaman kepemilikan bagi para pemilik mobil VW. Teknologi kecerdasan buatan ini kini tersedia pada semua jajaran ID., serta model Golf, Tiguan, dan Passat terbaru.

Dilansir dari Carscoops pada Senin (24/6), ChatGPT dapat diakses melalui asisten suara IDA. Sementara asisten suara IDA memungkinkan pemilik untuk mengontrol berbagai fitur seperti sistem kontrol iklim dan navigasi, ChatGPT juga menjanjikan kemampuan yang lebih luas.

Volkswagen menjelaskan bahwa pengguna dapat meminta ChatGPT untuk memberikan informasi tentang tempat wisata atau hasil pertandingan tim favorit mereka. Selain itu, ChatGPT juga bisa membantu anak-anak menyelesaikan masalah matematika.

Berbeda dengan beberapa asisten suara yang mengharuskan pengguna berbicara dengan cara tertentu, Volkswagen menyatakan bahwa sistem mereka memungkinkan penggunaan bahasa alami tanpa perlu pengemudi mengalihkan pandangan dari jalan. Pengguna hanya perlu mengatakan “Halo IDA” atau menekan tombol di setir untuk mengaktifkan fitur ini.

Namun saat ini ChatGPT untuk Volkswagen hanya tersedia dalam beberapa bahasa, termasuk Inggris (AS dan Inggris), Spanyol, Ceko, dan Jerman.

“Volkswagen memiliki tradisi panjang dalam mendemokratisasi teknologi. Dengan mengintegrasikan ChatGPT secara mulus ke dalam backend asisten suara kami, kami sekarang menawarkan kesempatan kepada pengemudi untuk menggunakan kecerdasan buatan ini setiap hari, sehingga menggarisbawahi betapa inovatifnya produk kami,” ujar Kai Grunitz dari Volkswagen.

Volkswagen juga menegaskan bahwa tidak ada masalah privasi dan keamanan terkait penggunaan ChatGPT. Sistem ini tidak mendapatkan akses ke data kendaraan dan informasi yang dikirim secara anonim ke ChatGPT hanya jika pertanyaan tidak dapat dijawab oleh sistem Volkswagen. Pertanyaan dan jawaban segera dihapus untuk memastikan informasi tetap pribadi dan rahasia.

Foto: Volkswagen