Menkeu Siapkan Anggaran Rp71 Triliun untuk Program Makan Bergizi Gratis

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyiapkan anggaran sebesar Rp71 triliun untuk program Makan Bergizi Gratis dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Program ini sebelumnya dikenal dengan nama Makan Siang Gratis dan merupakan salah satu program andalan presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Prabowo mengenai alokasi anggaran ini. Dari pembahasan tersebut, disepakati bahwa program ini akan dilaksanakan secara bertahap.

“Bapak Prabowo sampaikan beliau setujui pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis dilaksanakan bertahap dan untuk tahun pertama pemerintahan beliau (di) 2025 disepakati alokasi sekitar Rp71 triliun didalam RAPBN 2025,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Kementerian Keuangan, Senin (24/6).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa tim Prabowo yang akan menjelaskan detail programnya. Namun, untuk postur APBN, anggaran untuk Makan Bergizi Gratis sudah dimasukkan dalam RAPBN 2025, yang bakal diumumkan Presiden Jokowi pada 16 Agustus mendatang.

Foto: Menkeu