Wagub DKI Jakarta Tinjau Pembuatan Kolam Olakan di Jl Boulevard Raya

Jakarta—Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria hari ini meninjau pembuatan kolam olakan yang dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI di Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (27/1).

Pembuatan kolam olakan yang tepatnya berada di depan Mall Kelapa Gading dan di bawah lintasan moda transportasi massal Lintas Rel Terpadu (LRT) tersebut untuk mengantisipasi genangan dan banjir serta memastikan pembuatan kolam olakan berjalan baik dan optimal, serta sesuai dengan perencanaan.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, pembuatan kolam olakan air ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam mengatasi banjir di Jakarta. Untuk proses pengerjaan, Dinas SDA DKI mengerahkan satu unit alat berat, satu unit dump truck, serta 22 personel pasukan biru.

“Hari ini saya mengunjungi beberapa titik banjir. Upaya yang kita lakukan di antaranya membuat Olakan seperti yang kita lihat hari ini di Kelapa Gading, dan hampir di seluruh wilayah Jakarta. Di mana ada genangan air di jalan, kita kurangi, di antaranya dengan cara membuat olakan-olakan dengan kita tampung seperti ini di Kelapa Gading ini, di bawah LRT ini, ada 11 olakan yang kita buat. Kemudian nanti disalurkan ke sungai, dan diteruskan ke laut,” ujarnya seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Rabu (27/1).

Pembuatan kolam olakan ini bertujuan untuk tempat penampungan air sementara sebelum dialirkan ke saluran eksisting yang ada. Jumlah kolam olakan sebanyak 11 titik dengan masing – masing titik berdimensi kurang lebih panjang 33 meter, dengan lebar 2,5 meter, serta kedalaman 1,5 meter.

Rinciannya, Jakarta Pusat: Jl. Pangeran Jayakarta; Jl. Mangga besar; Jl. Raya Mangga Besar,
- Jakarta Barat: Jl. Kedoya Utara; Kawasan Jelambar; Kawasan Green Garden; Jl. Pangeran Tubagus Angke; – Jakarta Selatan: Jl. Gatot Subroto
- Jakarta Utara: Jl. Bhakti VI.

Ariza menjelaskan, berbagai upaya pengendalian dampak musim hujan yang tengah dilakukan oleh Pemprov DKI membuahkan hasil yang baik. Dengan demikian, diharapkan seluruh wilayah Jakarta akan aman selama musim hujan. “Alhamdulillah sampai hari ini kita masih bersyukur bisa mengendalikan banjir, yang seharusnya melihat dari debit curah hujan yang tinggi dalam beberapa minggu ini di Jakarta sudah banjir sebagaimana tahun tahun sebelumnya, karena berbagai upaya memberikan hasil yang cukup baik,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Wagub Ariza turut mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di Jakarta untuk turut berpartisipasi dan berkolaborasi dalam upaya pengendalian banjir. “‘Mari kita tertib, disiplin, tidak membuang sampah sembarangan. Kita pastikan lingkungan rumah/ yang terdekat kita selokannya berfungsi dengan baik, dibersihkan/dikeruk keruk. Mari seluruh warga membantu kita semua dengan cara membuat sumur resapan di rumah masing-masing. Jadi partisipasi/dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam rangka memastikan Jakarta bisa lebih baik lagi dan terbebas dari banjir,” tandasnya.***(AB.Foto:PPID DKI Jakarta)

Related posts