Walikota Metro Gaungkan Hidup Sehat Peduli TBC-HIV di Masa Pandemi

Metro,Gpriority- Seluruh pihak dan masyarakat diharapkan dapat bekerja sama dan berkomintmen mendukung penanggulangan penyakit TBC dan HIV di masa pandemi Covid-19 di Kota Metro, Lampung.

Hal tersebut dikatakan Walikota Metro Wahdi saat membuka Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Pada Komunitas Peduli TBC-HIV, di Oemah TBC Ganjar Asri, Metro Barat, Senin (15/11/2021).

Ia menilai kegiatan ini dapat memberikan edukasi dan informasi kepada seluruh pihak yang menghadiri, serta masyakat pun diharapkan dapat mengikuti dan memberi dukungan untuk pelaksanaan 3T (Testing, Tracing, Treatment) kasus HIV dan TBC di Kota Metro.

“Serta membantu regulasi hukum dalam penanganan HIV AIDS, membiasakan masyarakat menerapkan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker, mejaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan) untuk mencegah penularan Covid-19, juga kebiasaan makan sayur dan buah serta berolahraga,” katanya.

Ia menuturkan, peran Kelurahan Tangguh Nusantara (KTN) dalam hal 3T dapat lebih maksimal serta bantuan pangan, makanan dan obat tambahan dapat tersalurkan dengan baik untuk masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19.

Walkot juga menegaskan bahwa Pemkot Metro akan berupaya melaksanakan program sebaik-baiknya, oleh sebab itu diharapkan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak lintas sektor terkait, agar program kesehatan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, Kepala Puskesmas Ganjar Agung Melly Kemerdasari mengatakan untuk mengkampanyekan perilaku hidup sehat, dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, dan tidak melakukan seks bebas.
.
“Meskipun Covid-19 sudah mulai melandai namun tetap tidak boleh kendor dalam prokes, harus tetap aktif, tanggap, dan sigap, agar kondisi imunitas tubuh tidak menjadi rendah. Kami berharap untuk seluruh pihak agar dapat bekerja sama dalam berkomitmen mendukung penanggulangan TBC-HIV di masa pandemi Covid-19 di Kota Metro,” tandasnya (Dw.foto.dok. Humas Metro)

Related posts