Walkot Tarakan Target 10.000 Sambungan PDAM Gratis Tercapai, Khairul: Tahun Ini Bertambah 2.000

GPRIORITY, TARAKAN – Pemerintah Kota Tarakan targetkan 10.000 sambungan baru PDAM gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Hal itu telah tercapai sejak tahun 2019 lalu. Meski begitu program sambungan gratis itu akan terus berlanjut.

Wali Kota (Walkot) Tarakan, Khairul mengatakan, target 10.000 sambungan gratis tersebut sesuai dengan visi misi dan janji kampanye.

Bahkan itu menjadi program unggulan.

Diketahui, anggaran APBD untuk pemasangan sambungan baru PDAM sebanyak 10.000 itu mencapai Rp30 milliar, dimana satu rumah tangga untuk pemasangan Rp3 juta.

“Bukan berhenti, tahun ini masih ada tambahan 2.000 sambungan baru MBR, mungkin kita akan mulai pemasangan pada bulan Juli,” kata Khairul, Kamis (15/04/2021).

Menurutnya, tak hanya tahun ini, tahun depan jika masyarakat yang memerlukan dan masuk kategori MBR atau kurang mampu masih bisa dimasukkan ke dalam program tersebut. Meski begitu tetap akan disesuaikan dengan anggaran.

“Perumahan MBR kan masih terus berkembang, kemudian wilayah Pantai Amal, Binalatung, Tanjung Pasir, Tanjung Batu saat ini juga belum mendapatkan air bersih PDAM,” ucapnya.

Dia mengaku, tahun ini jaringan pipa induk PDAM untuk wilayah timur seperti Tanjung Batu, Pantai Amal, dan Tanjung Pasir baru dibangun.

Kemudian,.IPAL (instalasi pengelohan air limbah) PDAM juga baru dibangun di Embung Binalatung Kampung 1 Skip dengan kapasitas 30 liter perdetik.

“Tahun depan untuk Pantai Amal sendiri kemungkinan ada sekitar 3.000 sambungan baru rumah tangga,” ungkap Khairul.(FBI)

Related posts