Wapres JK:SDGs Menjadi Kebutuhan Pembangunan di Semua Negara

Jakarta,Gpriority-“Ketika membicarakan Sustainable Development Goals (SDGs) seluruh pemimpin dunia semuanya sepakat, karena SDGs merupakan tujuan bersama di dunia untuk mencapai kemakmuran dan keadilan,” ucap Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika membuka Konferensi Nasional Sustainable Development Goals (SDGs) 2018 di Hotel Fairmount,Jakarta pada Senin (17/12).

Pria yang akrab disapa JK ini juga mengatakan, apabila kembali ke sejarahnya pada 1992 terkait masalah lingkungan dan kemudian berkembang kepada manusianya. Maka terbentuklah Tujuan pembangunan millenium atau dalam bahasa inggrisnya Millenium Development Goals (MDGs) yang ditandatangi oleh 189 negara.

“Selama 15 tahun berlangsung timbullah pembicaraan lagi dan Indonesia terlibat dalam pembicaraan tersebut.  Maka pada tahun 2015 disetujui oleh PBB tentang FDGs yang menjadi kebutuhan pembangunan di semua negara,” tutur JK.

Mengenai FDGs ini, JK mengatakan memiliki hubungan dengan semua kementerian dan kepala daerah di indonesia terkait dengan kebijakan pembangunan. Tidak hanya kementerian dan kepala daerah, masyarakat juga memiliki keterikatan dengan memberikan sumbangan ide sesuai target pembangunan berkelanjutan sehingga memiliki efek berkeadilan.

“Kerjasama ini membutuhkan koordinasi dari semua pihak,  sehingga terjalin pembangunan berkelanjutan yang sangat baik dan berkeadilan,” tutur JK.

JK berharap dalam pertemuan bisa mencapai hal-hal penting terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment