Wiku : Masyarakat di Zona Merah dan Orange Covid-19 Wajib Shalat Ied di Rumah

Jakarta,Gpriority-Guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin meninggi seperti India di saat l idul fitri tiba, Pemerintah Indonesia kembali membuat kebijakan. Salah satu kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia adalah mewajibkan shalat idul fitri 1442 hijriah di rumah bagi masyarakat yang berada di zona merah dan orange Covid-19.

“ Kebijakan ini bertujuan  untuk menekan penyebaran Covid-19,” jelas Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adi Sasmito dalam siaran persnya melalui kanal You Tube, Sekretariat Presiden pada Selasa (4/5/2021).

Seperti yang sama-sama kita ketahui, zona merah dan orange merupakan  sebutan untuk wilayah yang tingkat penularan Covid-19-nya paling tinggi dan juga sedang. “ Untuk itulah jika masyarakat di zona tersebut memaksakan diri untuk shalat Ied di masjid maupun lapangan, dikhawatirkan akan menambah banyak kasus positif Covid-19 di Indonesia,” tutur Wiku.

Wiku dalam konferensi persnya juga menjelaskan, untuk masyarakat yang berada di zona kuning dan hijau, pelaksanaan shalatnya harus mengikuti panduan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan Satgas Covid-19 yakni jamaah maksimal 50% dari kapasitas yang disediakan. Jamaah dilarang berbincang saat bertemu, wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan membawa perlengkapan shalat sendiri.

Untuk mengetahui daerahnya masuk ke dalam zona hijau,kuning,orange dan merah, Wiku menjelaskan bisa menceknya di laman https://covid19.go.id/peta-resiko.(Hs)

 

Related posts