10 Design Tangga, Inspirasi Buat Kamu Nih

Tangga sebagai akses penghubung antar lantai selain memiliki nilai fungsional, tentunya tuntutan estetika (keindahan) juga merupakan nilai yang sama pentingnya. Untuk kamu yang sedang mencari ide desain tangga, mungkin beberapa tangga berikut ini dapat menjadi inspirasi.

1. Tangga Spiral
Tangga spiral dapat diaplikasikan di rumah-rumah bergaya klasik dan mewah bahkan minimalis. Untuk rumah mewah biasanya dikombinasikan dengan material kayu. Design spiralpun sering kita jumpai di ruang belakang menuju lantai jemur pakaian dengan berbahan besi dengan railing sederhana.

2. Tangga dengan Railing Kaca
Memasang tangga dengan railing kaca membuat ruangan tampak luas dan menampilkan kesan modern dan unsur ilusi karena material kaca yang transparan. Railing kaca ini cocok untuk rumah modern maupun rumah yang tidak begitu luas. Namun pemilihan dan pemasangan kaca harus tepat menginat kelemahan kaca mudah pecah. Penggunaan material kaca di tangga terlihat tidak ramah untuk anak-anak.

3. Tangga Klasik
Tangga klasik sudah ada sejak dulu, namun masih terbilang banyak orang yang ingin memasang tangga dengan gaya klasik. Tangga klasik menampilkan unsur estetika dan kesan mewah. Pada railing bisa dipasang besi tempa. Railing berperan besar menampilkan kesan klasik. Di lengkapi pegangan railing dengan material kayu kesan klasik semakin kuat.

4. Tangga Melayang
Tangga yang didesain melayang tanpa railing ini terlihat cukup unik dan simple. Cocok untuk diruangan yang tidak begitu besar. Namun saat menaiki tangga terkadang muncul perasaan khawatir tangga tersebut tidak cukup kuat menahan beban dan ditambah tidak ada railing untuk berpegangan. Tangga jenis melayang perlu struktur yang kuat dan tenaga ahli berpengalaman memasang tangga melayang.

5. Tangga kayu minimalis
Tangga kayu yang di desain minimalis ini menimbulkan nuansa hangat, juga sederhana nan simple. Tangga jenis ini juga menjadi opsi terbaik bagi ruangan mungil. Walaupun tangga kayu terbilang jadul, namun jika dipadukan dengan material lain atau warna milimalis yang klop, bisa terlihat modern dan elegan.

6. Tangga desain zigzag
Tidak kalah unik dari tangga melayang, tangga zigzag juga bisa dipilih untuk kamu yang ingin mempunyai tangga yang anti-mainstream. Tangga zigzag dibilang unik karena dibuat dengan posisi selang-seling untuk kaki kanan dan kiri. Sehingga saat menaiki tangga tersebut, pasti kita merasakan perbedaan dibanding tangga pada umumnya.

7. Tangga dengan lemari di bawahnya
Pemanfaatan space kosong di bawah tangga dapat dimanfaatkan untuk lemari. Anak tangga beton dikombinasikan lemari kayu di bawahnya memberi kesan pemanfaatan ruang yang maksimal. Kamu bisa memafaatkannya untuk menyimpan barang, menjadikannya rak sepatu, mainan anak ataupun yang lainnya sehingga rumah terlihat lebih rapi.

8. Tangga dengan pencahayaan
Tidak hanya memberi pencahayaan, dengan memasang titik lampu di setiap anak tangga akan membuat tangga terlihat menarik di waktu malam hari. Pemasangan kabel-kabel dan penentuan titik lampu tentu harus disiapkan sebelum material finishing.

9. Tangga Baja
Tangga baja tentu tidak kalah menarik dengan design lainnya. Tangga bermaterial baja ini juga banyak peminatnya karena terlihat simple namun elegan dengan bentuk vertikalnya. Cocok untuk interior design industrial. kekuatannya pun sangat teruji dan tahan lama.

10. Laci Di Anak Tangga
Susunan anak tangga yang bermaterial kayu dapat dimanfaatkan sebagai laci. Setiap trap anak tangga terdapat laci yang bermanfaat untuk menyimpan sandal atau sepatu. Pemanfaatan space di tiap anak tangga sebagai laci pas untuk ruang berukuran minimalis.# (Langen Ayu)

Related posts