10 Makanan Nusantara yang Biasa Disajikan Saat HUT RI

Hari ini kita memperingati HUT RI yang ke-76. Tidak seperti biasanya, dikarenakan adanya pandemi maka pelaksanaan upacara dilaksanakan secara terbatas. Begitu pula dengan lomba untuk sementara ditiadakan dikarenakan pemerintah khawatir terjadinya Klaster baru Covid-19.

Namun ada satu tradisi yang tidak bisa hilang saat pelaksanaan 17 Agustusan, yakni tradisi makanan Nusantara. Meskipun tidak diizinkan untuk berkumpul tetapi sebagian masyarakat tetap menyajikannya, meskipun hanya dimakan untuk keluarga. Berikut 10 kuliner Nusantara yang identik dengan 17 Agustusan.

1.Nasi Tutuq Oncom
Makanan yang berasal dari Sunda ini selalu disajikan pada saat perayaan 17 Agustusan. Aromanya yang khas karena diolah dengan cara diaduk dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai membuatnya menjadi salah satu menu favorit yang disajikan.

2. Nasi Kuning Tumpeng
Makanan yang satu ini sudah menjadi ciri khas begitu 17 Agustusan tiba. Yang membuatnya selalu disajikan dikarenakan makna dari nasi tumpeng kuning ini adalah sebagai ucapan rasa syukur setelah mencapai sesuatu..

3. Nasi Tumpeng Merah Putih
Nasi tumpeng merah putih tidak jauh berbeda dengan nasi tumpeng kuning. Perbedaannya hanya warna dan jenis nasi yang digunakan.

4.Ayam Tuturaga
Tidak lengkap rasanya kalau 17 Agustus tidak menyajikan makanan khas Manado ini. Rasanya yang pedas dan menggigit lidah membuat masyarakat mewajibkan ayam Tuturaga sebagai menu favorit di 17 Agustus.

5.Kelepon Merah Putih
Jawa Tengah memiliki kue yang sangat enak rasanya namanya kelepon.Kue yang dibuat dari tepung beras ini memiliki ciri khas yang sangat unik karena memiliki rasa yang sangat manis dan gurih. Tak hanya itu warna hijaunya menjadikan kelepon sangat mudah dikenali.
Begitu terkenalnya kelepon membuat masyarakat menyajikannya untuk HUT RI, namun kelepon dimodifikasi warnanya menjadi merah dan putih sesuai dengan bendera RI.

6.Telok Abang
Makanan khas Palembang ini berasal dari telur bebek. Namun yang membedakannya dengan telur asin adalah warnanya yang dibuat merah dan disajikan miniatur yang berisikan perahu. becak, bus, mobil dan jembatan Ampera. Biasanya Telok Abang ditancapkan di miniatur tersebut sehingga dapat menarik perhatian.

7.Kerabu Betik
Kerabu Betik merupakan makanan sejenis urap yang dibuat dari kerabu atau pepaya muda.

8. Endok Pindang
Endok Pindang merupakan makakanan khas Cirebon yang berasal dari telur ayam negeri. Rasanya yang gurih saat dimakan menjadikan masyarakat memilihnya sebagai salah satu menu di HUT RI

9.Bandros
Bandros merupakan makanan yang berasal dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Bandros biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir dan cocok dinikmati dengan teh atau kopi.Untuk mendapatkan kue ini bisa memesan atau mendatangi sentra kuliner di Kota Anda dijamin pasti menemukannya.

10.Nasi Jagung
Sebagai kuliner kesukaan Bung Karno, nasi jagung tidak pernah luput dari penyajian saat HUT RI tiba. Jadi tidak usah heran kalau nasi yang berasal dari Jawa ini selalu hadir dalam momen 17 Agustusan di daerah manapun berada.(Hs.Foto.Istimewa)

 

Related posts